Sukamade, Menjadi Tempat Favorit Penyu Bertelur di Banyuwangi

Ahad, 31 Januari 2016 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ribuan ekor penyu mendarat di Pantai Sukamade, kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang merupakan salah satu habitat bertelur hewan tersebut

"Selama 2015 tercatat penyu yang mendarat baik yang bertelur maupun memeti (mendarat untuk bertelur, tapi tidak jadi bertelur) sebanyak 1.557 ekor dengan rincian sebanyak 806 ekor bertelur dan 751 ekor memeti," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Pranoto Puroso di kantor Taman Nasional setempat, di Kabupaten Jember, Minggu.

Menurutnya, empat jenis penyu mendarat dan bertelur di Pantai Sukamade adalah penyu hijau (Chelonia mydas), penyu slengkrah (Lepdochelys olivaceae), penyu sisik (Eretmochlys imbricata), dan penyu belimbing (Dermochleys coriaceae).

"Ribuan penyu yang mendarat di Pantai SUkamade terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi itu karena pasirnya yang lembut dan putih, serta makanan penyu seperti ganggang laut berlimpah," tuturnya.

Data TN Meru Betiri mencatat sebanyak 1.557 ekor penyu yang mendarat terdiri atas penyu hijau sebanyak 1.488 ekor, penyu lekang sebanyak 64 ekor, penyu sisik lima ekor, dengan jumlah telur sebanyak 67.046 telur.

"Sebagian besar, penyu yang mendarat dan bertelur di Pantai Sukamade adalah jenis penyu hijau, sedangkan penyu belimbing tidak ditemukan petugas mendarat di pantai tersebut selama 2015," katanya.

Ia menjelaskan, petugas TN Meru Betiri biasanya melakukan patroli setiap hari karena selalu ada saja penyu yang mendarat di Pantai Sukamade, namun tidak selalu penyu tersebut bertelur.

"Ketika ditemukan penyu sedang bertelur, maka petugas akan memindahkan seluruh telur-telur tersebut ke lokasi penangkaran karena masih terjadi pencurian telur penyu di sepanjang Pantai Sukamade Banyuwangi," paparnya.

Pranoto mengatakan petugas TN Meru Betiri di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Sarongan juga melakukan patroli dengan ketat untuk memantau dan mengamankan telur penyu di Pantai Sukamade.

"Menjaga kelestarian hewan langka yang dilindungi seperti penyu diperlukan kerja sama yang baik antara petugas TNMB dengan masyarakat sekitar, sehingga populasi penyu di Indonesia tidak terancam punah," katanya.

Pantai Sukamade merupakan habitat penyu yang paling baik dibandingkan pantai lain di sejumlah perairan di Indonesia karena terbukti dengan banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur di sana, bahkan setiap hari terlihat penyu mendarat di pantai yang berada di Kecamatan Pesanggaran itu.

Panjang Pantai Sukamade mencapai 3 kilometer, namun hamparan pasir yang biasa digunakan penyu bertelur hanya sekitar 700 meter dan sisanya jarang digunakan penyu untuk bertelur. [antara]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT