Imigrasi Bengkalis Taja Kegiatan Pelajar Sadar Hukum

Kamis, 28 Januari 2016 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kantor Imigrasi Klas II Bengkalis menggelar Penyuluhan Sadar Hukum dan Deklarasi Pelajar Cerdas Hukum, Kamis (28/1/16).

Deklarasi (Ikrar) sadar hukum yang difokuskan kepada kalangan pelajar ini dibuka oleh Penjabat Bupati Bengkalis, H Ahmad Syah Harrofie yang diwakili Plt Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis, H Hermanto Baran ini digelar di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Kamis pagi.

Dalam kata sambutannya, Pj Bupati mengatakan, kasadaran hukum harus dimulai dari pendidikan, karena melalui pendidikan yang baik akan menghasilkan manusia yang bertanggung jawab, toleran, dan peduli dengan lingkungannya.

Kesadaran hukum yang tinggi di kalangan pelajar juga dapat memberikan kenyamanan dan kedisiplinan khususnya di sekolah dan umumnya di lingkungan masyarakat dan negara.

"Kehadiran pelajar SMA sederajat pada penyuluhan sadar hukum, sekaligus membacakan deklarasi pelajar cerdas hukum, merupakan upaya tepat untuk menggaungkan dan membudayakan sadar hukum bagi masyarakat, khususnya generasi muda di negeri ini sejak dini" ujarnya.

Selain adanya pendidikan sadar hukum sejak dini, Pj Bupati Bengkalis juga berpesan kepada seluruh pelajar di Negeri Junjungan ini harus mampu melakukan perannya dalam berbagai bidang.

Untuk sampai ke arah itu, sebagai generasi yang berada di era pemberlakuan MEA, para pelajar dituntut untuk memperbanyak ilmu pengetahuan dan meningkatkan kemampuan diri.

Salah satu hal yang sangat urgent dimiliki para pelajar, khususnya di Kabupaten Bengkalis agar memilki keterampilan bahasa Inggris.

"Kami yakin dan percaya, kita semua tidak menginginkan sepuluh tahun, dua puluh tahun dan seterusnya, anak-anak kita yang kelak menjadi penerus bangsa ini, kalah saing. Oleh karena itu, kembali kami tekankan para pelajar lebih giat lagi belajar memperdalam ilmu pengetahuan dan meningkatkan skill," pesannya lagi.

Deklarasi Pelajar Cerdas Hukum yang dibacakan perwakilan siswa SMAN 1 Bengkalis, Fahrozi Romadhan dan siswi SMAN 2 Bengkalis atas nama Tri Nanda Nabila.

Sementara berbunyi Deklarasi sebagai berikut: Kami pelajar SMA relawan Cerdas Hukum berjanji; 1. Tekun dan bekerja keras dalam proses belajar mengajar, 2. Menghargai orang tua, guru dan teman-teman; 3. Jujur; 4. Tidak menyontek; 5. Tidak terlibat dalam tawuran dan tindak kekerasan lainnya; 6. Mencegah dan melaporkan tindakan bullying; 7. Mencegah dan melaporkan penyalahgunaan narkoba; 8. Taat pada peraturan baik di sekolah maupun diluar sekolah. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT