5 Fakta Pengisian Ban dengan Nitrogen

Ahad, 24 Januari 2016 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Sekarang banyak ditemukan jasa pengisian nitrogen pada ban di sejumlah SPBU. Penggunanya mulai dari kendaraan roda dua sampai roda empat.

Akan tetapi, masih banyak pengguna kendaraan tidak mengetahui hal menarik terkait pengisian angin dengan menggunakan nitrogen. Terdapat lima fakta yang jarang diketahui masyarakat terkait pengisian kendaraan menggunakan nitrogen. Berikut adalah ulasannya dilansir Detik.

1. Mesin pengisian nitrogen tetap membutuhkan kompresor

Kompresor tetap dibutuhkan dalam pengisian angin nitrogen. Kompresor memiliki fungsi membantu mendorong dan menempatkan udara. Jadi, kompresor itu bukan untuk mengisi angin biasa. N2 generator ini merupakan mesin dengan teknologi vakum, yang secara otomatis memproduksi nitrogen dari udara.

2. Nitrogen memiliki molekul lebih besar dibanding angin biasa

Ban berisi nitrogen memiliki jumlah molekul lebih besar, sehingga tidak terpengaruh dengan suhu udara yang terjadi.

3. Lebih nyaman ketika berkendara

Kenyamanan dalam berkendara, dibuktikan dengan kondisi ban kendaraan yang lebih empuk, karena gas nitrogen dapat menjaga elastisitas ban sehingga kelenturan karet semakin terjaga.

4. Ban tidak cepat kempes dan stabil

Karena memiliki molekul lebih besar dibandingkan dengan angin biasa, kendaraan dengan nitrogen tidak cepat kehilangan angin, membuatnya menjadi lebih stabil dan nyaman saat memacu kendaraan.

5. Potensi bocor pada ban lebih rendah

Dengan molekul yang lebih besar, maka potensi kebocorannya juga lebih rendah. Berbeda dengan angin biasa yang tingkat kebocoran lebih besar serta harus rutin mengecek tekanan ban.[dtk]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT