Ini Ragam Manfaat Buah dan Sayur Sesuai Jenis Warnanya

Ini Ragam Manfaat Buah dan Sayur Sesuai Jenis Warnanya

Metroterkini.com - Buah dan sayur merupakan superfood yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Masing-masing warna pada buah dan sayur pun memiliki manfaat tersendiri.

Beragam jenis vitamin terkandung di dalam buah dan sayur, di antaranya vitamin A, D, E, K, C, B. Vitamin A berperan menjaga kesehatan mata. Vitamin D untuk kesehatan gigi dan tulang. Vitamin E berguna bagi kesuburan dan kecantikan kulit. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah.

Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain vitamin, buah dan sayur juga sumber mineral dan serat yang membantu proses pencernaan.

Masing-masing warna buah dan sayur juga ternyata melambangkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat sayur dan buah sesuai warnanya?

Buah dan sayur warna oranye dan kuning  

Buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning banyak mengandung antioksidan dan betakaroten yang berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh, kaya akan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan penglihatan dan mengingkatkan produksi pigmen retina, serta aneka masalah kulit yang umum dialami manusia seiring bertambahnya usia.

Contoh buah berwarna oranye dan kuning adalah jeruk, pisang, nanas, jagung, pir, mangga, wortel, aprikot, papaya dan labu kuning.

Buah dan sayur warna hijau

Buah dan sayuran berwarna hijau mengandung phytochemical berupa lutein dan zeaxanthin yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu buah dan sayuran berwarna hijau berperan membantu produksi sel darah merah, menguatkan sel otak, meningkatkan imunitas tubuh.

Beberapa contoh buah dan sayuran hijau adalah kacang polong, paprika, kiwi, bayam, brokoli, sawi, kale dan apel hijau.

Buah dan sayur warna merah

Warna merah pada buah dan sayur memperlihatkan kandungan likopen yang efektif sebagai zat antioksidan, melindungi pembuluh darah dan serabut otot, melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, serta sumber vitamin A dan E.

Temukan khasiat ini pada apel, papaya, semangka, anggur, ceri, tomat, stroberi dan tomat.

Buah dan sayur warna putih

Buah dan sayur berwarna putih dan tidak berpigmen ini mengandung alicin yang mengontrol kolesterol dan tekanan darah, serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, buah dan sayur berwarna putih memiliki vitamin C dan kalsium yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Sajikan buah dan sayur berwarna putih di piring makan Anda, di antaranya kembang kol, pir, sirsak, lobak, sawi putih, taoge, bawang putih dan bawang bombai.

Buah dan sayur berwarna biru dan ungu

Meski lebih jarang, warna alami biru dan ungu pada buah atau sayur didapat dari pigmen antosianin dan flavonoin. Fungsinya adalah sebagai antioksidan yang meningkatkan sistem imun, melindungi otak dari kerusakan, meningkatkan produksi sel darah merah dan putih, berfungsi sebagai anti radang, serta sumber zat besi.

Buah dan sayur berwarna biru atau ungu juga dipercaya bisa membantu meningkatkan fungsi organ penglihatan. Contohnya ada pada bluberi, raspberi, anggur, bit, prune dan terung. [**tbn]

Berita Lainnya

Index