Awal 2016 Sudah 100 Warga di Riau Terjangkit DBD

Senin, 11 Januari 2016 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Penderita demam berdarah dengue atau DBD di Riau pada awal tahun 2016, tercatat lebih 100 kasus yang menjangkiti warga.

Data dan Media Center Diskes Riau, seperti disampaikan Rozita Rossi, Senin (11/1/16) mengatakan bahwa data terbaru DBD di Riau, periode Januari sebanyak 100 pasien. Dari jumlah itu, belum ada yang meninggal dunia.

Untuk itu, Diskes Riau akan melakukan fogging sebagai upaya untuk penanganan nyamuk pembawa virus demam berdarah dengue (DBD). Foging hari ini dilaksanakan di Damai Langgeng blok D No.01 RT. 03 RT. 07 Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan dan jalan Sari Kencana no.59 RT.02 RW.09 Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai.

Menurutnya, masyarakat perlu diedukasi lebih baik. Karena selama ini mengganggap bahwa fogging adalah satu-satunya penanggulangan. Untuk melakukan fogging ada kajian penyelidikan epidemiologinya. Karena fogging yang tidak tepat akan menimbulkan resistensi terhadap nyamuk tersebut.

Disinggung mengenai Jumantik, Ros mengatakan bahwa jumantik, juru pemantau jentik bertugas untuk memantau perindukan nyamuk ditempat-tempat berkembangnya nyamuk aedes agypti.

"Sekarang yang mereka lakukan adalah penyuluhan mobile dengan menyebar leaflet disekitar daerah endemis. Sekarang lokasi penyulihan di jalan Cipta Karya, Tuah Karya Tampan," terangnya.

Jumantik, tambahnya, bertugas mencegah berkembangnya jentik menjadi nyamuk biasa, memeriksa bak penampungan air, memeriksa tampungan dispenser, kaleng-kaleng bekas dan semua genangan air pada tampungan wadah. Tujuannya adalah memutus siklus kembang biak nyamuk. [**rt]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT