236 Tewas Kecelakaan Selama Natal dan Tahun Baru

Ahad, 03 Januari 2016 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sebanyak 236 orang meninggal dunia saat arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru 2016. Jumlah tersebut sedikit menurun dibandingkan liburan yang sama tahun lalu.

Demikian disampaikan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Condro Kirono disela melakukan pemantauan kesiapan aparat kepolisian dan personel dalam rangka arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru, di Terminal Tirtonadi, Solo, Minggu (3/1/16).

"Angka kecelakaan cukup tinggi, dengan korban 236 orang meninggal. Kita terus memonitor rute dari berbagai media. Para pengguna jalan juga harus memonitor," ujarnya.

Dia meminta kepada para pemudik agar menyiapkan kondisi fisik saat akan melakukan perjalanan panjang. Kakorlantas juga mengimbau agar para pemudik merencanakan dulu perjalanan mereka. Ia menyarankan agar pemudik menggunakan moda transportasi massal yang disediakan.

"Pagi ini kita prediksi merupakan puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru. Dinas harus melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap kru dan armada bus. Di terminal Tirtonadi ini penumpang sudah meningkat 15 persen. Sore nanti akan semakin banyak penumpang yang akan balik," katanya.

Selain memantau terminal, Korlantas juga memantau Stasiun Solo Balapan, Purwokerto serta daerah rawan kemacetan seperti di daerah Brebes yang merupakan pintu masuk tol Jakarta, serta daerah lainnya. Ia juga meminta kepolisian agar mengantisipasi obyek wisata serta penggunaan bak terbuka.

Usai memantau terminal, Kakorlantas dan rombongan meninjau Stasiun Solo Balapan. Kemudian dengan menggunakan kereta api ai menuju Purwokerto, dilanjutkan jalan darat mengikuti jalur Prupuk, Aji Barang.

Rombongn akan masuk tol Pejagan terlebih dahulu meninjau Pos Pam Pejagan, kemudian lanjut ke tol Pejagan, tol Palikanci dan tol Cipali. Tiba di Pospam Cikopo akan dilanjutkan untuk melakukan peninjauan rest area 62 dan kembali ke Jakarta. [mrd]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT