Dishutbun Pelalawan Mandul, Kebun Ratusan Hektar Ilegal

Senin, 28 Desember 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pelalawan, dinilai mandul hal ini terungkap dengan adanya beberapa kali survei oleh LSM ke sejumlah hutan dan lahan di Pelalawan. Baik yang dikelola perusahaan maupun perorangan tidak memiliki izin, lahan ini luasnya berkisar 100 hinga 1000 hektar per orang.

"Hampir rata lahan yang dikelola terutama perorangan tidak memiliki izin dari dinas ini," Jelas LSM Pemantau Hutan Negara (PHN), Bayu, Senin, (28/12/15).

Dari hasil pantauannya ada sejumlah lahan yang memakai nama masyarakat modus mengatas namakan Koperasi padahal isinya semua nama warga saja sementara warga itu sendiri tidak pernah memiliki lahan tersebut.

"Kalau dikaji mengatas namakan masayarakat bermodalkan izin koperasi ini termasuk penipuan, sebab izin dari Kehutanan dan Perkebunan mereka tidak ada," Jelasnya.

Dilanjut Bayu, apalagi disekeliling Pelalawan para perambah dari pejabat dan warga berseleweran, bahkan tidak tangung - tangung Hutan Kerumutan dan Hutan Taman nasional Tesso Nilo pun ikut dihancurkan.

"Ini menandakan Dinas yang menjaga hutan ini tidak punya nyali memberantas perambah ini, atau saya curigai mereka dengan moto Jagawana ini ikut peran serta di dalamnya," Tukas Bayu.(bas)

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT