Ini 5 Pilihan Obyek Wisata Goa Pulau Jawa untuk Pemula

Jumat, 25 Desember 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Liburan panjang jelang tahun baru terkadang membuat kita bingung memilih tujuan wisata, bosan dengan pemandangan gunung, pantai atau yang lainnya ini Pulau Jawa yang punya banyak tempat-tempat dengan karakteristik batuan karst yang menyimpan potensi wisata goa yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Beberapa goa telah dikelola sehingga memiliki jalur berupa tangga, pemandu wisata, dan juga pencahayaan buatan. Hal tersebut memungkinkan wisatawan pemula untuk memasuki goa.

Seorang anggota organisasi pencinta goa Acintyacunyata Speleogical Club (ASC), Akhmad Zona Adiardi memberikan lima rekomendasi obyek wisata goa yang dapat dikunjungi oleh wisatawan pemula. Berikut adalah lima obyek wisata goa rekomendasi Zona dilansir kompas.

1. Goa Gong

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Di sana terdapat ornamen-ornamen goa yang lengkap mulai dari stalagmit, stalaktit, gordham, flowstone, hingga pillar yang dapat dilihat.

Ornamen-ornamen goa telah terbentuk sempurna karena Goa Gong merupakan rangkaian pegunungan karst yang telah berusia tua. Di sana pun telah terdapat jalur berupa tangga dan juga pencahayaan buatan yang memudahkan wisatawan pemula.

2. Goa Maharani

Satu lagi goa di Jawa Timur yang dapat dikunjungi oleh wisatawan pemula adalah Goa Maharani. Goa ini terletak di Kabupaten Lamongan.

Jalur untuk wisatawan sudah tersedia. Zona mengatakan obyek wisata Goa Maharani telah terkelola dengan baik karena sudah ada pihak manajemen yang mengatur.

3. Gua Cerme

Masih termasuk ke dalam jajaran pegunungan karst yang memanjang dari Kebumen hingga Pacitan, di Gunung Kidul, Yogyakarta terdapat goa yang bisa dikunjungi wisatawan.

Nama goa ini adalah Goa Cerme. Tipe goa ini adalah goa yang berair. Di sana, wisatawan dapat melihat ornamen-ornamen goa seperti stalaktit, stalakmit, gourdam, gordin, flowstone, dan canoy.

Tips dari Zona jika ingin mengunjungi Goa Cerme adalah jangan datang ketika musim hujan karena air bawah tanah yang meluap bisa berbahaya.

4. Goa Buni Ayu

Di Jawa Barat juga ada obyek wisata goa yang bisa dikunjungi yakni Goa Buni Ayu. Di Goa Buni Ayu, wisatawan dapat melihat ornamen-ornamen goa seperti stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, dan canopy.

Di sana, sudah tersedia operator wisata yang bisa mengantarkan wisatawan menjelajah Goa Buni Ayu.

5. Gua Jatijajar

Goa Jatijajar berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Di sana, terdapat jalur yang tak berair yang dapat dimasuki. Di dalam goa terdapat dua sendang atau sumber air, yaitu Sendang Mawar dan Kanthil. [kms]

 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT