Dance 30 Menit Lebih Efektif dari Berlari

Kamis, 24 Desember 2015 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tak begitu suka olahraga tapi ingin menurunkan berat badan dengan cepat? Satu hal yang perlu kamu lakukan, menari atau nge-dance. Sebuah tim ilmuwan baru-baru ini menemukan dalam penelitian mereka bahwa ternyata menari bisa membakar kalori lebih banyak per jam-nya dibandingkan jika kamu lari, berenang atau bersepeda.

Dikutip dailymail.co.uk, dalam penemuan mereka, 30 menit melakukan tarian yang membuat tubuhmu bergerak bebas baik itu tarian standar maupun modern bisa memberi manfaat lebih besar menurunkan berat badan dibanding jika kamu melakukan olahraga gym.

Bukan hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa nge-dance juga bisa meningkatkan kesehatan psikologis seseorang karena dance adalah cara baik melepaskan emosi , stres dan energi. Dr Nick Smeeton dari University of Brighton mengatakan bahwa menari bukan hanya meningkatkan kebugaran fisik tapi juga bisa menurunkan perasaan negatif dan rasa lelah.

Dr Smeeton dan rekannya, Dr Gary Brickley, menguji 15 penari dan mengukur detak jantung, jarak, energi yang keluar dan kondisi psikologis mereka.  Setelah melakukan kelas menari selama 30 menit, mereka diuji dengan kuisioner untuk menentukan kondisi psikologis mereka.

Hasilnya cukup mengejutkan, menari ternyata membakar lebih banyak kalori tubuh dan membuat kondisi psikologis seseorang lebih stabil. Jadi, jika kamu ingin menurunkan berat badan tapi tak suka olahraga, maka yang kamu butuhkan adalah musik, dan gerakkan tubuhmu mengikuti irama. Kamu akan lebih bahagia dan berat badan juga terjaga. [vml]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT