Google dan Ford Bermitra Produksi Mobil Tanpa Pengemudi

Rabu, 23 Desember 2015 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com  - Google dan Ford Motor Co tengah berunding untuk pembentukan kemitraan guna mengembangkan teknologi kendaraan otonom, kata sumber yang mengetahui soal ini seperti dikutip Reuters.

Ruang lingkup kemitraan antara produsen otomotif terbesar kedua di AS dan raksasa mesin pencari Alphabet Inc itu masih dirundingkan, sedangkan kerangka pasti untuk langkah ini belum pasti namun yang jelas akan termasuk pembuatan dan pengembangan bersama mobil-mobil otonom.

Kedua belah pihak telah berdikusi berbulan-bulan, kata sumber tadi.

Kemitraan antara produsen otomotif raksasa dan Google ini akan mempercepat pengenalan kendaraan tanpa pengemudi ini dengan memberi perusahaan mobil akses ke sistem pengembangan piranti lunak Google, sedangkan Google akan menarik manfaat dari pengalaman industrial dan otomotif dari sebuah perusahaan mobil seperti Ford.

Mobil otonom penuh bisa mengurangi ratusan ribu kecelakaan, kematian dan cedera, selain menekan penggunaan BBM akibat manajemen lalu lintas yang lebih baik dan memperluas mobilitas personal ke orang yang tidak bisa mengemudikan mobil.

Kepala Eksekutif Ford Mark Fields bertemu dengan pendiri Google Sergey Brin belum lama bulan ini di California untuk membicarakan status perundingan, kata sumber tadi.

Google mengaku juga berunding dengan banyak perusahaan otomotif. Belum jelas benar apakah pembicaraan dengan Ford itu sudah lebih maju dibandingkan perundingan dengan perusahaan-perusahaan otomotif lainnya.

"Kami tak akan mengomentari rumor atau spekulasi menyangkut hal spesifik dari pembicaraan itu," kata Google seperti dikutip Reuters. [**ant]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT