Bank Riau Kepri-Kadin Taja Seminar Sambut MEA

Bank Riau Kepri-Kadin Taja Seminar Sambut MEA

Metroterkini.com - PT Bank Riau Kepri dan Kantor Dagang Industri Riau menyelenggarakan seminar nasional ekonomi Indonesia 2015 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (22/12/15).

Sebagai narasumber, Wakil Ketua Kadin Riau Viator Butarbutar, Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari dan Prof Dr Didik J Rachbini selaku Guru besar ekonomi dan Kepala LP3E Kadin Indonesia.

Menurut Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, secara garis besar bertujuan untuk menganalisis dampak potensial MEA terhadap perekonomian Indonesia, khususnya di Provinsi Riau pada tahun 2016.

"Selain dampak MEA terhadap perekonomian 2016, seminar ini juga bertujuan untuk mengkaji kinerja perekonomian ditahun 2015," ungkap Irvandi.

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) industri perbankan yang akan diberlakukan pada tahun 2020, menurut Irvandi ada lima permasalahan yang harus benar-benar dihadapi.

Menurutnya lima poin penting yang harus dihadapi adalah, tingkat penetrasi pasar yang masih minim, peningkatan kompetensi SDM, Kecanggihan IT yang masih dipegang Bank-bank besar, kebutuhan modal untuk ekspansi bisnis dan penyempurnaan payung hukum perbankan.

Sementara Wakil Ketua KADIN Riau Dr Viator Butarbutar sekaligus sebagai narasumber dalam seminar tersebut mengatakan, para pelaku usaha khususnya di Provinsi Riau, harus benar-benar siap dalam menghadapi MEA 2016 mendatang. [**]

 

Berita Lainnya

Index