Wapres Desak ITDC Percepat Pembangunan KEK

Senin, 21 Desember 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com -  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  Mandalika Resor  Lombok Tengah, NTB, mendapat perhatian husus Wakil Presiden RI. Yusuf Kalla, Kunjungan Wapres ke lokasi KEK pariwisata Mandalika, sekaligus  membuka kegiatan Muktamar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) VI di Universitas Mataram.

Didampingi Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri PAN RB Yudi Krisnandi, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Gubernur NTB HM Zainul Madji, serta Danrem 162 WB Koloner CZI Lalu Rudy Irham Srigede, Wapres  mendapat pemaparan tentang sejumlah fasilitas yang akan dibangun di kawasan pariwisata Mandalika oleh Direktur  ITDC Abdulbar M Mansoer dan sejumlah investor yang akan berinvestasi di kawasan tersebut.

Direktur ITDC, mengaku kebutuhan  pengadaan listrik akan  menyiapkan panel solar cell, dan menyiapkan pengelolaan air laut menjadi air bersih, agar tidak menganggu pasokan listrik dan air yang digunakan setiap hari oleh masyarakat. "Kami membangun pengelolaan air bersih, panel Seawater Reserve Osmosis (SWRO)", terag Abdulbar M Mansoer.

Selain itu,  kawasan Mandalika juga akan dibangun empat hotel berbintang lima, yaitu Hotel Pullman Mandalika, Hotel Club Med, Hotel Lees Mandalika dan Jiva Samudra Biru.

Menanggapi hal tersebut,  Wapres mengaku  pembangunan KEK Mandalika sudah direncanakan sejak 25 tahun silam, namun tidak kunjung terealisasi karena beberapa kendala. Kendala yang menjadi penghambat tersebut diantaranya infrastruktur jalan, bandara, air bersih dan listrik.

Kendala itu saat ini sudah siap, sehingga tidak ada alasan lagi pembangunan KEK Mandalika tidak segera direalisasikan. Pemerintah pusat juga siap  mensuport keberlangsungan pembangunan KEK Mandalika melalui perusahaan milik Kementerian BUMN yakni Indonesian Tourism Development Coorporation (ITDC). "Saya minta dipercepat,” tegas Yusuf Kalla. [ls]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT