Bengkalis Masih Perlu Mekarkan 3 Kecamatan Baru

Jumat, 11 Desember 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Bengkalis tentang ranperda pembentukan tiga kecamatan menilai, pemekaran sejumlah kecamatan di Kabupaten Bengkalis masih perlu dilakukan, Jumat (11/12/15).

Salah satu pertimbangannya adalah untuk lebih mempercepat laju pembangunan sekaligus memperpendek rentang kendali pemerintahan.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Pansus, Hendri belum lama ini.

Menurut Hendri, beberapa kecamatan itu adalah Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Bantan, Kecamatan Rupat, dan Kecamatan Mandau sendiri.

Kecamatan Bengkalis menurut Hendri perlu dimekarkan menjadi tiga kecamatan sementara tiga kecamatan lainnya perlu dimekarkan menjadi dua kecamatan.

“Khusus untuk Mandau, walaupun sudah dimekarkan, tapi masih terjadi penumpukan jumlah penduduk sebesar 157.442 jiwa,” katanya belum lama ini.

Pansus berharap, sambung Hendri, pemekaran kecamatan tersebut menjadi setawar sedingin kepada masyarakat yang sudah lama berharap dan menghilangkan isu-isu kontra produktif di tengah masyarakat serta tidak baik bagi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Kami juga berharap pemekaran ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, memperpendek rentang kendali pemerintahan, meningkatkan fungsi dan koordinasi pemerintahan, menggerakkan perekonomian masyarakat yang akan memberikan multiplier effect  guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” papar Hendri.

Sebelumnya dalam sidang paripurna, Terkait Ranperda Pembentukan 3 Kecamatan Enam fraksi di DPRD Bengkalis dapat menerima hasil laporan panitia khusus (Pansus) Ranperda pembentukan Kecamatan Bandar Laksamana, Kecamatan Talang Muandau dan Kecamatan Bathin Solapan untuk dijadikan Perda.

Enam fraksi tersebut adalah fraksi PAN dengan juru bicaranya Rianto, fraksi Golkar dengan juru bicaranya Thamrin Mali, fraksi PDI Restorasi dengan juru bicaranya Daud Gultom, fraksi PKS dengan juru bicaranya H Azmi, fraksi Demokrat dengan juru bicaranya Nur Azmi Hasyim, fraksi Gerindra dengan juru bicaranya Eddy Budianto dan fraksi Gabungan denga juru bicaranya Safrana Fizar.

Ketua pansus ranperda pemekaran, Hendri  mengatakan, untuk Kecamatan Bandar Laksamana dengan ibu kota Tenggayun, meliputi desa Parit I Api-api, desa Temiang, desa Api-api, desa Tenggayun, desa Sepahat, desa Bukit Kerikil dan desa Tanjung Leban.

Kemudian untuk Kecamatan Talang Muandau dengan ibukota Beringin meliputi desa Tasik Serai, desa Tasik Serai Barat, desa Kualo Penaso, desa Beringin, desa Koto Pait Beringin, desa Melibur, desa Tasik Serai Timur, desa Tasik Tebing Serai dan desa Serai Wangi.

Terakhir, Kecamatan Bathin Solapan dengan ibukota Sebangar meliputi desa Balai Makam, desa Tambusai Batang Dui, desa Simpang Padang, desa Pematang Obo, desa Petani, desa Air Kulim, desa Buluh Manis, desa Sebangar, desa Boncah Mahang, desa Kesumbo Ampai, desa Bathin Sobanga,  desa Bumbung dan desa Pamesi. [rudi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT