MAK Negeri Percontohan Nasional Bakal Dibangun di Rohul

Kamis, 10 Desember 2015 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) berencana membangun sebuah Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Provinsi Riau di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Sekolah ini bakal menjadi pilot project atau percontohan nasional.

Sekolah berbasis boarding school atau asrama dengan konsentrasi jurusan Pertanian dan Perkebunan tersebut akan dibangun di Desa Tali Kumain, Kecamatan Tambusai. Pemerintah Kabupaten Rohul sendiri telah menghibahkan lahan 13 hektar untuk lokasi pembangunan.

Kepala Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan mengakui lokasi pembangunan MAKN Riau di Desa Tali Kumain telah ditinjau oleh Direktur Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag RI, Prof Dr H Nurcholis Setiawan MA, bersama Kakanwil Kemenag Riau Drs H Tarmizi Tohor MA, dan Asisten I Setdakab Rohul Juni Saprin, Kamis (10/12/15) lalu.

Sebagai tahap awal pembangunan MAKN Riau, jelas Ahmad Supardi, Kemenag RI akan menganggarkan dana Rp 3 miliar dalam APBN 2016. Dana ini untuk pembangunan beberapa kelas belajar.

"Diperkirakan tahun 2018 mendatang sekolah selesai dibangun, dan dilakukan proses penerimaan siswa baru. Tahap awal baru 100 siswa diterima," ujar Ahmad.

Mantan Humas Kanwil Kemenag Riau ini menambahkan MAKN Riau di Rohul akan menerapkan boarding school atau asrama, sama halnya dengan pondok pesantren.

Ahmad Supardi mengatakan untuk kelanjutan pembangunan MAKN Riau di Desa Tali Kumain juga akan ditanggung dana APBN. Pemkab Rohul sendiri hanya menyediakan lahan untuk pembangunan sekolah.

Agar pembangunan MAKN Riau berjalan lancar, Ahmad Supardi mengajak semua pihak, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat di Kecamatan Tambusai dan Kabupaten Rohul memberikan dukungan, sehingga ke depan akan lahir ustad-ustad yang ahli di bidang pertanian dan perkebunan. [adv]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT