Makanan Ini Dapat Turunkan Kepadatan Tulang

Rabu, 09 Desember 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - ANDA pasti sudah tahu bahwa kekurangan kalsium dan vitamin D tidak baik untuk tulang. Tapi, Anda mungkin belum tahu bahwa ada makanan atau minuman dalam diet harian Anda yang ternyata bisa mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoprorosis.

Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya beserta penjelasannya, sebagaimana dilansir dari Okezone, Rabu (9/12/2015).

Terlalu banyak protein hewani

Anda perlu protein untuk membentuk tulang yang padat. Tapi, konsumsi protein terlalu banyak akan memicu tubuh untuk memproduksi senyawa sulfat yang menyebabkan kalsium keluar dari tulang. Efek ini lebih banyak didapat dari konsumsi protein hewani dibanding nabati.

Dalam studi kohor yang dilakukan oleh Nurses Health Study II, dipimpin Harvard Medical School, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi daging merah sedikitnya lima kali dalam seminggu lebih berisiko mengalami patah tulang, dari mereka yang mengonsumsi daging merah sekali seminggu.

Terlalu banyak minum minuman berkafein

Dalam sebuah penelitian besar terbaru yang dilakukan oleh Swedish Department of Toxicology’s National Food Administration, wanita yang minum sekitar empat cangkir kopi sehari, memiliki peningkatan risiko patah tulang.

Risiko ini terutama terjadi pada wanita yang memiliki konsumsi rendah kalsium. Namun, peneliti tidak menemukan hubungan ini pada pengonsumsi teh. Salah satu alasannya, mungki karena kandungan kafein teh hanya setengah dari kopi.

Konsumsi soft drink

Baru-baru ini, Framingham Osteoporosis Study mengukur kepadatan mineral tulang pada punggung dan pinggul dari 1.413 perempuan dan 1.125 laki-laki dibandingkan dengan frekuensi mereka mengonsumsi minuman ringan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa minuman bersoda dan diet soda dapat menyebabkan keropos tulang pada wanita. Temuan ini membuktikan, bahwa yang dapat mengeroposkan tulang bukan hanya kafein tapi juga fosfor di dalam minuman tersebut.

Terlalu banyak tambahan garam meja dalam makanan

Terlalu banyak garam tidak hanya akan meningkatkan risiko hipertensi. Terlalu banyak mengonsumsi garam atau sodium juga berpengaruh pada kepadatan tulang. Hal ini terjadi karena garam berlebih akan mendorong lebih banyak kalsium dikeluarkan lewat urin dan keringat. Sodium bisa ditemukan pada garam meja dan makanan yang diproses.[oze]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT