Bromo Bergemuruh dan Keluarkan Ledakan

Ahad, 06 Desember 2015 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Sejak ditetapkan statusnya dari level waspada menjadi siaga oleh PVMBG sajak Jumat pukul 14.00 WIB, Gunung Bromo terus dalam pengawasan petugas. Lokasi sekitar kawah yang meliputi lautan pasir, savana disterilkan dari wisatawan.

Hari ini, kawah mengeluarkan asap kehitaman, selain juga terdengar suara gemuruh. Para petugas dari TNI dan Polri ditempatkan untuk melakukan pengawasan dari radius yang disterilkan.

"Status Bromo sampai saat ini tetap level 3 siaga. Pantauan visual asap kelabu setinggi 200-300 meter. Terdengar suara gemuruh dari dalam kawah," kata Ayu Dewi Untari, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) di Malang, Minggu (6/12).

Wisatawan hanya diperbolehkan ke Gunung Penanjakan, Bukit Cinta, Bukit Setya, dan Coban Trisula. Namun pendakian ke Gunung Semeru tetap dibuka sejak 1 Desember lalu.

Ayu juga menginformasikan, kalau sempat menangkap 30 orang rombongan motor trail yang nekat memasuki kawah. Mereka sesaat diamankan dan mendapatkan pembinaan dari petugas.

"Tadi siang, petugas TNBTS menangkap rombongan trail 30 orang yang menerobos masuk kawah kaldera tanpa izin," katanya.

Terhadap mereka dilakukan pembinaan dan menandatangani surat pernyataan. Mereka menyatakan sanggup untuk tidak mengulangi lagi. [**]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT