Bupati Bireuen Ajak Semua Elemen Kawal keterbukaan Informasi Publik

Rabu, 02 Desember 2015 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com – Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud dalam pidato pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan lembaga pemerintah dalam Kabupaten Bireuen tahun 2015, yang berlangsung di Aula Lama, Setdakab Bireuen (1/12), menyampaikan, bahwa pada sat ini kebebasan informasi sudah tidak bisa di halangi lagi, maka dengan itu Kapolri telah menerbitkan Surat Edaran Nomor SE/06/X/2015 tertanggal 8 Oktober 2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian.

Menurut Bupati Ruslan, hal ini bukanlah untuk membungkam kebebasan berpendapat melainkan sebagai bentuk menjamin setiap warga negara dalam menyebar dan menerima informasi  publik, baik melalui media massa, media sosial, media elektronik maupun media lainnya, sehingga tidak menimbulkan fitnah maupun menanam kebencian kepada pihak dan kelompok masyarakat tertentu yang berakibat kepada timbunya konflik horizontal di tengah-tengah masyarakat.

Ruslan menambahkan, Surat Edaran Kapolri bukanlah untuk melindungi kepala negara atau pejabat dari kritik seperti yang dikhawatirkan para kritikus, melainkan untuk melindungi setiap warga negara Indonesia dari tindak pidana serupa.

Oleh karena itu, menurut Bupati yang maju melalui Partai Aceh ini, hal terpenting untuk dipahami dan menjadi tugas kehumasan, baik Humas Pemerintah, Perguruan Tinggi, Badan Usaha maupun Institusi lainnya  adalah mengakomodir, mengolah dan memecahkan setiap informasi yang terjadi dengan memberikan pemahaman yang jelas kepada publik, mengingat kecepatan media informasi saat ini dan senantiasa berkembang di tengah masyarakat yang dapat menimbulkan kegaduhan politik, ekonomi, sosial budaya dan Kamtibmas yang berujung pada melemahnya rasa nasionalisme dan terganggunya pembangunan bangsa.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokoler Kabupaten Bireuen Farhan Husein, SE, MM dalam laporannya menitik beratkan, Rapat Koordinasi ini yang di hadiri segenap unsur di pemerintahan Kabupaten Bireuen sangat penting dalam membangun sinergitas diantara sesama pejabat Kehumasan di Kabupaten Bireuen, yang senantiasa dibutuhkan dalam rangka meningkatkan efektivitas komunikasi publik guna mendukung pembangunan daerah di Kabupaten Bireuen.

Adapun auput yang diharapkan dari acara ini supaya Para Pejabat Humas pemerintah dapat memperoleh pemahaman dan meningkatkan kemampuan para Pejabat Humas dalam implementasi Inpres No. 9 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Komunikasi Publik dan Permenpan Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pedoman Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah, ujar Farhan.

Peserta Rakor kehumasan ini detilnya, terdiri dari pejabat atau yang membidangi tugas-tugas kehumasan di Instansi Pemerintahan, Instansi Vertikal, BUMN, Peruruan Tinggi dan pesantren/Dayah.

Disela – sela Rakor Kehumasan, Kabag Humas dan Protokuler Kabupaten Bireuen Farhan Husein, SE, MM mengjak Semua Elemen untuk mengawal keterbukaan Informasi Publik, sehingga tetap dalam koridor membanguan.

Kegiatan berlangsung selama 1 hari, dengan pematerinya yaitu Reza Saputra, STTP,M.Si selaku Kabag pengelola Informasi dan Dokumentasi biro Humas setda Aceh, dengan judul, “humas sebagai pintu informasi pemerintah”, jelasnya.

sementara Dari polres Bireuen bapak Ibda yusroni kasubbag humas polres Bireuen menyampaikan makalahnya dengan judul “informasi publik dalam perspektif kantibmas”, pungkas Farhan.

 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT