Bupati Bireuen: Informasi Berkembang Sangat Cepat

Rabu, 02 Desember 2015 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bagian Humas dan Protokoler sekretariat daerah Kabupaten Bireuen menggelar acara Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan lembaga pemerintah dalam Kabupaten Bireuen tahun 2015, acara tersebut berlangsung di Aula Lama, Setdakab Bireuen (1/12).

Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Rapat Koordinasi (RAKOR) Kehumasan, kita dapat membangun persamaan persepsi terhadap tugas-tugas kehumasan yang sesuai dengan dinamika masyarakat.

Masyarakat bisa mendapatkan informasi jelas dan akurat terhadap suatu peristiwa atau kondisi yang sebenarnya. Dengan kata lain ”Membangun Komunikasi, Mengeliminir Mispersepsi”. Dengan demikian akan terwujud masyarakat yang damai dan sejahtera jauh dari segala macam fitnah dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah akan semakin tinggi, Ujar Ruslan.

Bagi humas pemerintah, tugas, peran dan fungsi tersebut, tertuang secara jelas dalam Permenpan Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pedoman Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah. Bila mencermati hal tersebut, tentu kita sadar bahwa Humas merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam mengkomunikasikan berbagai kebijakan dan mempengaruhi publik untuk mendukung program-program pemerintah, tambahnya.

Ruslan berujar, “Terlebih di tengah tuntutan keterbukaan informasi publik yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, arus informasi bergerak dengan sangat cepat menembus batas ruang dan waktu. Melalui jaringan internet, media elektronik, media on-line maupun media sosial, berbagai kebijakan dan peristiwa yang berkembang di tengah masyarakat, tersebar dan diterima masyarakat dalam waktu singkat. Validitas, kualitas serta keakuratan informasi, bukan lagi menjadi ukuran dan prioritas utama yang menghalangi distribusi informasi kepada masyarakat”, jelasnya.

Sedangkan Farhan, SE.,MM dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakor kehumasan ini dilaksanakan dengan tujuan Untuk meningkatkan kerjasama dan silaturrahmi kehumasan antar lembaga pemerintahan dan Instansi vertikal, BUMN, perguruan tinggi, dan Instansi lainya dalam Kabupaten Bireuen.  Rakor ini juga diharapkan mampu meningkatkan peran aktif para Pejabat Humas dalam pengelolaan komunikasi publik, memberikan pelayanan informasi, dan dapat memberikan kepastian kepada masyarakat atas berbagai isu strategis dan kebijakan pemerintah.

Acara ini turut dihadiri oleh kepala Dinas Badan dan Kantor, kepala instasi vertikal dalam Kabupaten Bireuen, serta rekan-rekan wartawan liputan Kabupaten Bireuen. [Tag]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT