Banjir Isolasi 2.100 KK di 7 Desa di Kampar Riau

Selasa, 01 Desember 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Banjir bandang saat ini melanda tujuh Desa di Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar yang mengakibatkan jembatan runtuh, jalan longsor dan rumah warga terendam banjir. Akses masyarakat tujuh Desa terputus dan sebanyak 2.100 KK terancam rawan pangan. 

Tujuh desa yang terkena banjir bandang ini adalah Desa Deras Tajak, Tanjung Karang, Batu Sasak, Lubuk Bigau, Kebun Tinggi, Pangkalan Kapas dan Tanjung Permai. 

Lokasi jembatan runtuh berada di desa Batu Sasak dan jalan longsor diantara jalan desa Tanjung Karang dengan Desa Batu Sasak, satu unit mobil truck tenggelam yakni di Desa Deras Tajak bahkan rumah terendam banjir dan hanyut, sejak Minggu (29/11/15). 

Menurut data yang dari BPBD Kampar bahwa sebanyak 73 unit rumah terendam banjir, 4 unit rumah hanyut terseret banjir, 1 unit jembatan Zipur rusak berat. 

Masyarakat di tujuh Desa tersebut dengan jumlah 2.100 KK saat ini terancam rawan pangan karena tak dapat keluar masuk ke desa menuju kecamatan serta kota Payah Kumbuh Sumbar karena jembatan rusak dan longsor di 21 titik 

"Dari laporan yang kita terima dari pihak Kecamatan bahwa keadaan banjir di desa Ranau Kasih jalan menuju Sungai Pagar tidak dapat dilalui ada enam titik dan ketinggian air 40 cm s/d 70 cm bahkan rakit tidak beroperasi sudah dua hari, sebanyak 12 rumah masyarakat terendam banjir," terang Kasi Kedaruratan Muhammad Nasir, Senin (30/11/15). 

Ditambahkannya saat ini air sudah mulai surut, namun akses jalan masih terputus karena longsor dan jembatan putus. [**rt]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT