Diancam ISIS, Bandara Soekarno Hatta Perketat Keamanan

Diancam ISIS, Bandara Soekarno Hatta Perketat Keamanan

Metroterkini.com - Operator Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) PT Angkasa Pura II memperketat keamanan setelah gerakan radikal Islamic State of Iraq dan Syria (ISIS) menyebut Indonesia menjadi salah satu negara yang akan 'diserang'.

"Benar Kementerian Perhubungan sudah memanggil pihak bandara untuk meningkatkan pengamanan pasca-ancaman ISIS," kata Sekretaris PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi pada Senin (23/11) malam.

Agus mengatakan, PT Angkasa Pura II juga sudah menjalin koordinasi dengan seluruh elemen TNI untuk pengamanan bandara, termasuk areal parkir.

"Terminal 1 akan dijaga oleh TNI Angkatan Darat, Terminal 2 oleh TNI Angkatan Laut, dan Terminal 3 oleh TNI Angkatan Udara. Sekarang masih proses perizinan, mungkin awal Desember nanti baru personel yang ditugaskan akan turun, " ujarnya.

Agus mengatakan, setiap terminal nantinya akan diamankan oleh 100 anggota TNI. "Dibantu oleh total 2.000 petugas keamanan bandara, termasuk petugas keamanan outsource," katanya.

Brigade Mobil (Brimob) Polri, sambung Agus, juga akan diturunkan untuk membantu proses pengamanan. "Akan diturunkan juga unit K9 (anjing) untuk membantu," ujarnya.

Selain memperbanyak personel keamanan, baik dari internal Bandara Soetta maupun TNI dan Polri, PT Angkasa Pura II juga mewaspadai beberapa hal untuk mengantisipasi aksi terorisme. [ok]

Berita Lainnya

Index