6 Kecamatan di Pelalawan Rawan Banjir

6 Kecamatan di Pelalawan Rawan Banjir

Metroterkini.com - Wilayah Riau, khususnya di Kabupaten Pelalawan menghadapi musim hujan tahun diperingatkan ada potensi banjir besar. Sebanyak 22 desa di Kabupaten Pelalawan masuk daerah berpotensi terjadi banjir, di 6 kecamatan, yakni Langgam, Pelalawan, Teluk Meranti, Ukui, Pangkalan Kuras dan Pangkalan Kerinci.

Menghadapi musim banjir tahun ini, sejumlah persiapan penanggulangan mulai dipersiapkan dengan melakukan rapat koordinasi penanggulangan banjir baru-baru ini di Kantor Bupati Pelalawan. Sesuai data BMKG Riau, musim penghujan akan berlangsung hingga bulan Desember 2015 mendatang.   

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Daerah (BPBPKD) Kabupaten Pelalawan, Hadi Penandio, belum lama ini kepada wartawan di Pangkalan Kerinci, menyebutkan, dari hasil rapat koordinasi penanggulangan banjir bersama instansi terkait seperti Polri, TNI, BPBPKD, Diskes, Diskessos, PMI, Tagana dan Dinas PU, beberapa persiapan menjadi topik pembahasan, diantaranya kesiagaan personel, kelengkapan dan peralatan dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana banjir tersebut.

"Dalam rapat diminta seluruh aparatur pemerintahan seperti camat, lurah dan kades untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi serta pemantauan dengan instansi terkait terutama dalam mempersiapkan jalur dan tempat evakuasi pada kondisi tertentu, bila debit air di suatu daerah semakin tinggi dan berpotensi terjadinya banjir," sebutnya.

Selanjutnya, Hadi Penandio, mantan Camat Bunut ini juga meminta peran para camat, lurah dan kades, agar menyampaikan laporan perkembangan dan peringatan dini kepada masyarakat pada saat kondisi air sudah naik.

Untuk itu BPBPKD Pelalawan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemkab Kampar melalui  BPBD Kampar guna memantau kondisi perkembangan tinggi air sungai Kampar. [**red]

Berita Lainnya

Index