Cara Periksa Apakah SD Card Anda Asli atau Palsu

Rabu, 18 November 2015 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sekarang ini, banyak sekali penipuan yang bertujuan untuk mencari keuntungan semata. Oknum seperti ini biasanya tak terlalu mementingkan kualitas dari suatu produk, karena yang ada dalam benaknya hanya untung dan untung. Bahkan, tak jarang mereka juga sering memalsukan berbagai produk, termasuk SD card.

Untungnya, saat ini Anda dapat memeriksa apakah SD card yang Anda miliki termasuk produk asli atau palsu menggunakan aplikasi di smartphone Android. Ya, aplikasi yang dinamakan SD Insight ini merupakan aplikasi gratis di Google Play Store. Namun, Anda hanya bisa mengetahui SD card Anda asli atau palsu, jika Anda memiliki smartphone atau tablet yang mendukung model penyimpanan SD card.

Pada aplikasi SD Insight, Anda bisa mengetahui beberapa informasi, di antaranya kapasitas, model SD card, dan tanggal pembuatan. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk menunjukkan memori internal dari smartphone yang diwakili dengan menu MMC card. Terakhir, fitur SDIO card yang bisa memperlihatkan input atau output device di smartphone.

Lalu, dari informasi tadi, bagaimana cara mengetahui SD card Anda asli atau palsu? Pertama yang harus diperhatikan adalah tanggal pembuatan dan produksi SD card. Jika tanggal produksi itu tidak sesuai dengan tanggal produksi di kemasan, maka hal itu bisa dipertanyakan. Begitu juga nomor model, yang dapat langsung Anda bandingkan antara nomor model di kemasan ataupun di kuitansi pembelian Anda.

Menariknya lagi, jika saat membuka aplikasi SD Insight, aplikasi tersebut langsung menampilkan pesan "SD card tidak valid", kemungkinan besar SD card Anda rusak atau palsu. Namun, jangan pesimis dulu, coba buka sekali lagi aplikasi tersebut, apabila muncul pesan "Origin is unknown", maka belum bisa dipastikan itu SD card palsu karena bisa jadi itu SD card yang berasal dari produsen yang belum diakui.

Jadi, mulai sekarang Anda tak perlu khawatir bakal mendapatkan SD card yang palsu, karena begitu Anda membelinya, Anda bisa langsung mengecek keasliannya. Jika memang SD card tersebut palsu, Anda bisa mengembalikan ke penjual keesokan harinya (bila ada garansi dari toko), seperti dilansir Techno.[tho]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT