Dewan Wacanakan Bentuk Panja-Pansus HTI PT RRL

Selasa, 17 November 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Menanggapi apa yang disampaikan masyarakat terkait penolakan HTI PT RRL di Pulau Bengkalis, Ketua Komisi II DPRD Bengkalis, Syahrial ST mengatakan, pada prinsipnya Komisi II sudah mengambil satu keputusan, yakni menolak kehadiran PT RRL di Bengkalis.

Banyak alasan yang disampaian oleh politisi Partai Golkar Bengkalis ini, diantaranya tentang regulasi SE Mentri LHK, tentang revitalisasi lahan gambut. Anggota dewan asal Rupat ini bahkan mendukung agar pimpinan DPRD segera membentuk Panita Kerja (Panja) terkait persoalan HTI PT RRL ini.

Ungkapan senada juga disampaikan Irmi Syakip Arsalan S.Sos. Politisi PKB ini mengatakan, banyak regulasi yang tidak bisa diabaikan oleh PT RRL.

“Sebetulnya, persoalan HTI PT RRL sudah kami bahas di internal kami. Kami sudah petakan tahapan dan jalan penyelesaian. Insyallah, kami komitmen bersama masyarakat untuk terus bersama-sama memperjunagkan hak-hak masyarakat,” sebut Ikip.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD, H Indra Gunawan P.Hd sepakat DPRD membentuk Pansus atau Panja tentan HTI PT RRL di pulau Bengkalis. Eet mengaku besok (hari ini,red) dirinya berangkat ke Jakarta menemui Mentri LHK, Siti Nurbaya membahas persoalan HTI PT RRL.

“Ini marwah kami pak, harga diri DPRD. Percayalah kami tidak akan diam, kami siap berada di barisan terdepan guna membela hak-hak masyarakat,” sebut pria yang akrab disapa Eet ini.

Sementara Ketua Fraksi PAN, H Zamzami mengajak masyarakat untuk tidak melakukan tindakan anarkis.

“Mari berjuang mempertahanan hak bapak-bapak dengan baik dan elegan, yakinlah DPRD dan pemerintah mendukung bapak-bapak. Jangan gegabah, jangan melakukan hal-hal yang akhirnya merugikan kita semua,” pesan Zamzami.

Pun begitu menurut Abdul Kadir, politisi PAN ini mengajak seluruh komponen masyarakat kompak, bersatu dalam satu tujuan.

“Akasia ini efeknya luar biasa pak, walaupun lahan kita tidak kena atau tidak masuk kawasan HTI, tapi kalau di kampung kita sudah ada penanaman Akasia kita juga akan merasakan dampaknya,” sebut Kadir.

Menutup pertemuan tersebut, H Heru Wahyui mengatakan, kendati belum ada pernyataan resmi lembaga DPRD menolak kehadiran PT RRL, tapi dirinya yakin seluruh anggota DPRD memiliki hati dan rasa yang sama seperti apa yang diinginkan masyarakat Bengkalis dan Bantan saat ini.

“Saya juga yakin, bahwa pemerintah daerah saat ini juga memiliki komitmen yang sama dengan kita. Untuk itu, saya berharap mari kita selesaikan persoalan ini dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapannya. Jangan gegabah apalagi melakukan hal-hal yang bisa merugikan gerakan ini,” pesan Heru. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT