Indonesia Satu-satunya Negara ASEAN Anggota G20

Indonesia Satu-satunya Negara ASEAN Anggota G20

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Antalya, Turki. Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN sebagai anggota G20.

Acara G20 sendiri dimulai pukul 12.00 waktu setempat, atau pukul 17.00 WIB, Minggu (15/11/15). Kehadiran para kepala negara ini disambut langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Hotel Regnum Carya, lokasi berlangsungnya perhelatan G20.

Jokowi tampak mengenakan setelan jas warna hitam dan dasi warna merah. Saat disambut, Jokowi tampak berbincang singkat dengan Erdogan.
Jokowi berjabat tangan dengan Erdogan (dok. Biro Pers, Media dan Informasi Istana Kepresidenan)

Setelah semua berkumpul, para kepala negara ini menjalani sesi foto bersama. Tampak Erdogan berada di tengah baris paling depan. Setelah kanannya berdiri Presiden Tiongkok Xi Jinping. Setelah kirinya berdiri Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga berada di barisan paling depan di antara Presiden Meksiko dan Zimbabwe. Di belakang Jokowi berdiri PM Malaysia Najib Razak.

G20 ini merupakan gabungan dari 19 negara ditambah Uni Eropa. Negara anggota G20 ini menguasai sekitar 75 persen perdagangan dunia. Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang menjadi anggota G20.

Negara anggota G20 yakni Arab Saudi, Republik Rakyat Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brasil, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Perancis, Rusia, dan Turki.

Selain anggota G20, KTT di Antalya ini juga dihadiri oleh beberapa negara di luar itu yakni Azerbaijan, Spanyol, Malaysia, Senegal, Singapura, dan Zimbabwe. [**dtk]

Berita Lainnya

Index