Android Lebih Tahan Malware dari Aplikasi iOS

Jumat, 13 November 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Perang antara Apple dan Android selalu berujung pada debat tiada akhir, bahkan berujung pada 'pertumpahan darah' antara masing-masing penggunanya. 

Tampaknya mereka senang beradu argumen perihal aplikasi apa yang terbaik atau misalnya perangkat mana yang paling aman dari malware dan virus. 

Sebagian dari mereka cenderung mengira bahwa ekosistem Apple 'tertutup' sangat aman. Namun, sebuah studi baru justru mengungkapkan bahwa Android justru lebih aman dibandingkan dengan sistem operasi Apple, yakni iOS.

Checkmarx and AppSec Labs menyisir ratusan aplikasi terpopuler di Apple App Store dan Google Play Store. Hasilnya? Mereka menemukan banyak risiko keamanan dan kerentanan. 

Berdasarkan laporan tersebut, sekitar 40 persen dari total aplikasi iOS memiliki potensi kerentanan pada proteksi data dibandingkan dengan aplikasi Android yang sebesar 36 persen. Meski selisihnya kecil, tetap saja citra Apple lebih aman dari Google pun terkikis. 

GeekTime sempat menanyakan kepada Amit Asybel dari Checkmarx yang menjelaskan bahwa untuk saat ini beberapa kelemahan keamanan dianggap sebagai ancaman tingkat rendah. 

Namun yang mengejutkan, 38 persen dari semua aplikasi tersebut justru benar-benar berisiko untuk pengguna dan berpotensi mengakibatkan kerusakan serius. Dia menjelaskan bahwa akar penyebab kerentanan ini berasal dari kode yang dituliskan sejak awal mereka mengembangkan aplikasi.

"Industri aplikasi mobile secara keseluruhan tertinggal jauh dari praktik coding aman," kata Asybel, seperti dikutip Business Insider, Kamis (12/11/15). [**lp]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT