Cara Bedakan Batu Bungur Tanjung Bintang & Kecubung Kalimantan

Sabtu, 07 November 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Nama Tanjung Bintang memang kurang begitu populer di telinga semua orang. Padahal saat tren batu akik melanda negeri ini, salah satu jenis batu permata berasal dari daerah tersebut. Benar, batu jenis Kecubung atau Amethyst yang mirip dengan batu dari Kalimantan tersebut dikenal dengan nama Batu Bungur Tanjung Bintang.

Sebenarnya sejak era tahun 1970an Batu Bungur Tanjung Bintang sudah banyak dikoleksi oleh warga Lampung khususnya. Namun popularitas batu ini melejit ketika terjadi fenomena demam batu akik yang terjadi di Indonesia tepatnya di tahun 2013 hingga pertengahan tahun 2015. Hingga saat Batu Bungur Tanjung Bintang masih diburu oleh para penggemar batu permata meski tren batu akik sudah mulai surut.

Hal terebut lantaran kualitas Batu Bungur Tanjung Bintang ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Batu Kecubung Amethyst yang berasal dari Kalimantan. Bagi anda yang belum tahu jenis batu ini, ketika melihat berbagai jenis batu kecubung yang ada di pasaran mungkin sedikit bingung untuk membedakan antara dua jenis batu akik sekaligus. Karena kedua jenis batu permata tersebut hampir sama namun sebenarnya berbeda.

Sebenarnya untuk mengetahui perbedaan dua jenis batu tersebut bukanlah hal yang sulit. Untuk membedakan kedua jenis batu dapat dilakukan dengan cara merendamnya dalam air dalam wadah seperti mangkuk kaca ataupun yang lain. Perbedaannya akan jelas ketika batu berubah warna ketika batu Kecubung Kalimantan memiliki warna ungu padat, tapi tidak akan mengental di satu sisi saja. Sedangkan Batu Bungur Tanjung Bintang sendiri biasanya akan memiliki lebih banyak warna memudar dan mengental di bagian samping atau gumpalan di tengah atau di samping.

Demikian ulasan kami tentang Batu Bungur Tanjung Bintang vs Batu Kecubung Kalimantan.[psb]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT