Ini Manfaat Luar Biasa Minum Air Garam Tiap Pagi

Ini Manfaat Luar Biasa Minum Air Garam Tiap Pagi

Metroterkini.com - Mungkin kamu sudah pernah dengar kalau minum air lemon tiap pagi bisa memberi banyak manfaat. Tapi bagaimana dengan air garam? Tahu nggak kalau ternyata minum air garam tiap pagi itu bisa memberi banyak manfaat yang cukup mengejutkan.

Dilansir dari laman vemale, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan minum air garam di pagi hari. Tapi pembuatan air garamnya juga ada aturannya, lho. Dan sebaiknya kamu juga berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjadikan kebiasaan minum air garam ini jadi rutinitas harianmu.

Siapkan mason jar ukuran 0,9 liter. Isi sepertiganya dengan garam alami. Tuang air hingga hampir penuh (sisakan 3 cm di bagian atasnya). Tutup dengan penutup plastik. Kocok, diamkan 24 jam. Cek setelah 24 jam apakah kristal garam sudah larut semua, tambahkan sedikit garam. Kalau garamnya sudah tak larut lagi, maka air garam yang disebut sole water ini sudah siap digunakan.

Nah, nanti tiap pagi ambil setengah sendok sole water lalu larutkan dengan 230 cc air (bisa juga dengan air hangat), lalu minum sebelum sarapan. Kalau terlalu asin, bisa tambahkan sedikit air lagi.

Sekarang, apa sih manfaat minum air garam ini? Yuk, simak info selanjutnya di sini.

1. Kebaikan Air Bisa Terserap Sempurna oleh Tubuh

Pernah coba menyiram tanaman yang sangat kering dengan air putih? Biasanya airnya akan langsung meluncur ke bawah pot. Sama halnya jika kita minum air putih berlebihan, kita akan makin sering buang air kecil. Menambahkan sedikit garam pada air yang kita konsumsi bisa sedikit memperlambat proses metabolisme sehingga semua kebaikan air bisa diserap dan digunakan tubuh dengan lebih baik.

Kesehatan sel-sel dalam tubuh juga bergantung pada konsentrasi mineral dan elektrolit dalam kadar tertentu. Kadang kita nggak sadar kalau sudah minum air putih berlebihan, akibatnya cairan luar sel akan terlalu encer yang dapat mengakibatkan stres dan pelepasan adrenalin.

2. Sistem Pencernaan Akan Lebih Terjaga

Air garam bisa mengaktifkan kelenjar air liur di mulut dan memproduksi amilase. Tahapan awal dalam proses pencernaan ini sangatlah penting. Di dalam perut, garam alami bisa menstimulasi asam klorida dan enzim pencernaan protein, keduanya bisa membantu menguraikan makanan.

Manfaat lainnya adalah bisa menstimulasi sistem sekresi di usus dan hati yang bisa memperlancar sistem pencernaan itu sendiri. Minum sole water atau air garam secara rutin ini juga bisa membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Tahu nggak berapa jumlah garam ideal yang dibutuhkan tubuh? Tubuh manusia membutuhkan garam sebanyak 1,5 sdt atau 8 gram per hari. Kalau kebutuhan ini tak terpenuhi, tubuh bisa mengalami masalah keseimbangan cairan dan tekanan darah. 

Kekurangan garam bisa membuat produksi enzim renin dan hormon aldosteron dalam tubuh jadi berlebihan. Akibatnya sirkulasi darah terganggu dan agen anti-flimatori meningkat. Kita pun jadi berisiko terkena sejumlah penyakit kronis seperti sindrom metabolisme, penyakit kardiovaskular, dan hilangnya kemampuan kognisi. Jadi dengan minum air garam tiap pagi, kita bisa mengambil langkah awal untuk mencukupi kebutuhan garam tubuh. Sehingga bisa mencegah diri terkena penyakit kronis.

4. Membantu Membuang Racun dari Tubuh

Mineral yang terkandung dalam garam alami bisa menenangkan sistem saraf. Garam juga diyakini bisa mengurangi kortisol dan adrenalin, dua jenis hormon stres. Sehingga kita bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Selain itu, karena kandungan mineralnya, air garam juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Sole water bisa membantu mengeluarkan bakteri jahat dari dalam tubuh. 

Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh dari minum air garam hangat tiap pagi, seperti membantu meningkatkan energi, mengurangi gula darah, mengurangi kram otot, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan pembuluh darah, hingga membantu proses penurunan berat badan.[vml]

Berita Lainnya

Index