Inilah Keunikan Batu Alexandrite yang Langka

Jumat, 06 November 2015 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Batu Alexandrite merupakan salah satu jenis batu permata berwarna yang terbilang paling langka untuk saat ini. Sedangkan Sejarah batu akik Alexandrite juga cukup kontroversial, berawal dari zaman Kekaisaran Rusia. Batu itu dikatakan dinamai oleh Tsar Rusia, Alexander II (1818 – 1881), namun ditemukan oleh seorang mineralist asal Finlandia, Nils Gustaf Nordenskiöld (1792-1866).

Pada awalnya Batu Alexandrite dianggap sebagai batu Zamrud (Emerald) karena ditemukan di tambang batu Zamrud yang terletak di wilayah Ural Rusia, dekat Sungai Tokovaya hal tersebut terjadi ketika Nordenskiöld pertama kali menemukan batu mulia Alexandrite pada tahun 1834.

Ada juga sejarawan yang mengatakan bahwa batu permata itu ditemukan pada hari ulang Tsar dan diberi nama Alexandrite untuk menghormatinya, meskipun sifat faktual ini masih diperdebatkan. Padahal Nils Gustaf Nordenskiöld sebenarnya ingin menamai batu tersebut dengan nama “Diaphanite”.

Yang menjadi daya tarik Batu Alexandrite adalah, fenomena perubahan warna yang terlihat pada batu Alexandrite asli disebut sebagai “Alexandrite Effect”. Perubahan warnanya bisa diamati pada kondisi pencahayaan tertentu, biasanya pada siang hari dan dibawah lampu pijar.

Selain keunikan tersebut, Batu Alexandrite juga menunjukkan fenomena Pleochroism yang sangat kuat, yaitu bisa menampilkan warna hijau Zamrud, merah, oranye dan warna kuning tergantung pada sudut pengamatan. Sifat Pleochroism dari batu Alexandrite benar-benar independen, berbeda dari kemampuan berubah warnanya yang unik. Biasanya, batu Alexandrite menunjukkan warna hijau Zamrud di siang hari, dan warna merah raspberry di bawah lampu pijar.

Batu Alexandrite juga bisa memiliki warna kekuningan dan merah muda, dan spesimen yang sangat langka bisa menunjukkan Chatoyancy (efek mata kucing) ketika dipotong model cabochon. “Alexandrite Effect” adalah hasil dari penyerapan yang kuat terhadap cahaya di bagian kuning dan biru dari spektrum warna. [psb]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT