Kejari Pekanbaru Kembali Periksa PPTK Mobdin Gubri & Wakil

Selasa, 03 November 2015 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Penyidik tindak pidana khusus (Pidus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru kembali memeriksa AF, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pengadaan dua mobil jenis Jeep untuk keperluan dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. 

"Pemeriksaan AF merupakan pemeriksaan lanjutan. Karena pada pemeriksaan sebelumnya, AF tidak membawa dokumen yang dibutuhkan penyidik," ujar Kasi Pidsus Kejari Pekanbaru, Darma Natal SH melalui Jaksa Penyidik, Febby Gumilang SH kepada wartawan, Selasa.

Sebelumnya, penyidik juga telah memintai keterangan pihak CV Surya Dinda selaku rekanan pengadaan mobil dinas Wagubri. Pihak rekanan tersebut diketahui berinisial HZ. 

Seperti diketahui, pembelian kedua mobil dinas merek Toyota Land Cruiser tersebut diketahui kelebihan besaran silinder atau CC. Pembelian tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2007, tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah. 

Kelebihan besaran silinder atau CC masing-masing 300 dan 1.300 cc untuk kendaraan dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. Persoalan ini terungkap berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Provinsi Riau Tahun 2013 lalu yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau. 

Kendati telah memegang LHP BPK RI sebagai landasan atas proses penyelidikan, Kejari Pekanbaru merasa perlu untuk meminta BPKP Riau guna memperdalam dan mengetahui adanya dugaan kerugian negara atas persoalan tersebut. 

Dalam kasus ini terjadi pemborosan anggaran akibat pengadaan kendaraan tersebut. Pejabat Pembuat Komitmen diduga tidak memperhatikan ketentuan yang berlaku. Dalam rekomendasinya, BPK meminta kepada Gubernur untuk memberikan sanksi kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). 

Total nilai kedua kendaraan tersebut mencapai lebih dari Rp4 miliar. Kendaraan tersebut telah lunas dibayar kepada pihak rekanan pemenang tender CV Kana Surya Sejahtera untuk pengadaan mobil dinas Gubernur Riau dan CV Surya Dinda untuk pengadaan mobil dinas Wakil Gubernur Riau.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan di lapangan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman belakangan jarang menggunakan kendaraan tersebut. Politisi Partai Golkar tersebut lebih memilih menggunakan mobil dinas merek Toyota Kijang Innova. [**rt]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT