Air Terjun Tersembunyi di Kaki Gunung Dempo

Ahad, 01 November 2015 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Banyak air terjun yang asyik dikunjungi saat akhir pekan di Pagaralam, Sumatera Selatan. Seperti Air Terjun Alap-alap yang letaknya agak tersembunyi di kaki Gunung Dempo.

Dilansir Detik, Salah satu cughup atau air terjun yang berada di Pagaralam adalah Alap-alap. Cughup Alap-alap bisa ditemukan di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara. Masih satu lokasi dengan Cughup Tujuh Kenangan namun lebih tinggi lagi, jadi dibutuhkan tenaga ekstra untuk trekking.

Usai mengabadikan diri di Cughup Tujuh Kenangan kami masih terus menjelajahi lokasi yang sama. Kami yang saat itu hanya berdua, melanjutkan trekking menuju Cughup Alap-alap. Jika dihitung dari titik awal trekking hingga sampai ke lokasi sekitar 1 km.

Kami pun sempat mengalami kebingungan ketika berjumpa dengan persimpangan. Hanya berbekal insting saja ketika memilih jalur yang tepat karena memang tidak ada penunjuk jalan yang jelas saat itu.

Gemericik air mulai terdengar saat melintasi rumpun bambu. Kami berjalan menurun menuju sumber suara air tersebut. Benar saja, akhirnya kami temukan air terjun cantik yang tersembunyi ini.

Letaknya yang terpencil membuat masih jarang orang yang berkunjung ke sini, saat itu saja hanya ada kami berdua. Cughup Alap-alap memiliki dinding tebing yang lebih tinggi dari Cughup Kenangan. Selain itu, kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun sangat luas dan relatif dangkal sehingga cocok bagi traveler yang gemar bermain air.

Sumber airnya berasal dari pegunungan, sehingga ketika menyentuh kulit terasa dingin dan sejuk. Tak lupa kami berfoto dengan latar Cughup Alap-alap dan rasanya ingin memberi tahu ke khalayak ramai tentang air terjun indah yang tersembunyi ini.[dtk]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT