Datsun Kenalkan Mobil Konsep Crossover GO-cross

Jumat, 30 Oktober 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Datsun meluncurkan mobil konsep tipe crossover, Datsun GO-cross. Mobil yang tampil perdana di Nissan Global Headquarters, Yokohama, pada Kamis malam waktu setempat (29/10/2015) ini adalah pengembangan dari Datsun GO+ MPV dan memakai platform yang sama.

Executive Design Director Nissan Motor Co. Ltd. Koji Nagano menjelaskan, desain GO-cross adalah crossover murni tapi masih mempertahankan desain khas yang ada pada Datsun GO+ sehingga hubungan keduanya tidak hilang.

"Mobil konsep Datsun GO-cross Concept adalah bukti positif bahwa prinsip desain Datsun adalah konsisten tapi cukup fleksibel untuk membuat mobil tipe apapun," kata Nagano dilansir Detik.

Datsun mengindikasikan desain GO-cross kemungkinan besar akan jadi prototipe pengembangan mobilnya di masa yang akan datang. Khususnya untuk negara dengan minat yang tinggi terhadap Datsun seperti Indonesia. 

GO-cross memang cocok dengan minat pasar Indonesia. Menurut Global Head of Datsun Vincent Cobee, pasar Indonesia lebih tertarik bertipe mobil keluarga dengan tiga baris kursi untuk tujuh penumpang. 

Nagano dan tim desainnya di Jepang memperbesar ukuran grille D-Cut khas Datsun agar berkesan lebih tegas. Grille juga diposisikan lebih tegak demi memberi aksen pada kap mesin yang lebih tinggi. Grille berwarna chrome hitam ini ditemani lampu depan LED.

Body yang lebih tinggi dari GO+ dan dilengkapi dengan fender lebar ala mobil 4x4. Ada juga cladding di sekeliling, bahkan hingga ke bawah grille dan juga di bawah "ekor" mobil.

Meski tak ditujukan menjadi mobil four-wheel-drive, Datsun GO-cross punya ground clearance yang lebih tinggi dari GO+. Ini dimaksudkan agar bisa menghadapi medan yang tidak rata.

Desain ini mengadaptasi gaya hidup masyarakat metropolitan yang sehari-hari berkendara di dalam kota. Namun mobil yang sama akan dipakai berlibur pada akhir pekan medan ke luar kota dengan medan jalan yang lebih berat. "Meski dibuat untuk petualangan seperti Datsun GO+, konsep crossover baru kami juga dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan rutinitas sehari-hari," kata Nagano. 

Menurut Nagano, ada ruang yang memadai untuk keluarga atau kerabat bepergian bersama. Lalu rak atas memungkinkan ruang tambahan untuk barang bawaan. Sedangkan ground clearance yang tinggi dan cladding eksterior, kata Nagano, menunjukkan mobil ini bisa mengimbangi jalan dalam kota dan kondisi lalu lintas sehari-hari.

GO-cross adalah mobil konsep kedua Datsun sejak merek ini kembali. Pada Februari 2014, Datsun mengenalkan Datsun redi-GO.

Vincent Cobee menjanjikan harga yang kompetitif jika nantinya mobil konsep ini diproduksi secara massal. "Kami kreasi sesuatu yang baru, tapi tetap memastikan hasilnya bisa terjangkau oleh mereka yang jadi target pasar kami," ujarnya.[dtk]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT