Kelompok PNJS Desa Jangkang Raih Penghargaan Setia Lestari Bumi

Kamis, 29 Oktober 2015 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - kelompok Persatuan Nelayan Jalan Sejahtera (PNJS) Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis meraih penghargaan “Setia Lestari Bumi’ dari Pemerintah Provinsi Riau.

Penghargaan yang diberikan sempena memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Riau itu diberikan untuk kategori Penyelamat Lingkungan.

Penghargaan Setia Lestari Bumi diserahkan oleh Plt Gubernur Riau kepada Ketua Kelompok PNJS, Jasman, dalam suatu acara yang berlangsung di Pekanbaru, Kamis (29/10).

Turut hadir saat acara tersebut, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis, H Arman AA.

Kepada wartawan usai acara penyerahan penghargaan dan dana pembinaan, Jasman mengaku sama sekali tidak mengira bakal meraih penghargaan bergengsi tingkat Provinsi Riau.

Sekaligus akan mewakili Riau untuk diikutsertakan pada seleksi penerima Kalpataru untuk kategeri Penyelamat Lingkungan.

“Jujur sama sekali saya tidak mengira akan meraih penghargaan ini. Tentu saja saya senang,” ujarnya kepada wartawan melalui ponsel.

Menurut Jasman, ia bersama kelompoknya yang berjumlah sekitar 30-an orang memang tekun melakukan kegiatan penyelamatan lingkungan, khususnya penyelamatan kawasan pantai dari abrasi sejak tahun 2004.

Selama kurun waktu tersebut, sudah banyak tantangan maupun hambatan yang dihadapi.

“Awal-awal kita berdiri, usaha untuk menyelamatkan lingkungan ini sifatnya masih swadaya. Kadang terasa juga beratnya, tapi karena ada dorongan yang kuat untuk menyelamatkan lingkungan, kita tetap berjalan sesuai dengan kemampuan,” ujar Jasman.

Dikatakan, perhatian Pemerintah terutama Pemerintah Kabupaten Bengkalis semakin besar seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menyelamatkan lingkungan, khususnya abrasi.

“Banyak yang dibantu, mulai dari dana untuk kegiatan seperti pembibitan mangrove hingga pelatihan,” kata Jasman.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, H Arman AA saat dihubungi memberikan apresiasi kepada kelompok PNJS atas penghargaan yang diraih. Penghargaan tersebut.

Menurut Arman, penghargaan ini hendaknya semakin memotivasi kelompok PNJS untuk berbuat lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Bahkan dirinya berharap, kelompok-kelompok penyelamat lingkungan bisa terbentuk lebih banyak lagi.

Dalam kesempatan itu, Arman juga mengatakan, selain penghargaan “Setia Lestari Bumi”, Kabupaten Bengkalis juga meraih penghargaan Adiwiyata untuk sekolah tingkat SLTP.

“Ada dua sekolah yang berhasil meraih Adiwiyata, yaitu SMP 3 Duri dan SMP 1  Bukit Batu,” kata Arman.

Kedua sekolah itu menurut Arman, dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. [Rdi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT