MU Tersingkir Kalah Adu Penalti

Kamis, 29 Oktober 2015 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Manchester United disingkirkan oleh tamu mereka, Middlesbrough, pada babak perdelapanfinal Piala Liga Inggris. Tampil tumpul, 'Setan Merah' akhirnya tersingkir lewat babak adu penalti.

Pada pertandingan yang berlangsung di Old Trafford, dilansir Detik Kamis (29/10) dinihari WIB, United tampil dengan menurunkan banyak pemain pelapis. Di lini depan, Louis van Gaal menurunkan tiga pemain muda: Jesse Lingard, Memphis Depay, dan James Wilson.

Dengan banyaknya pemain inti yang tidak turun bertanding, United kesulitan untuk membuat peluang bersih di babak pertama. Berulang kali mereka kehilangan bola di sepertiga akhir lapangan, membuat momentum serangan yang sudah dibangun lewat begitu saja.

Menyadari serangan timnya tidak ke mana-mana, Van Gaal lantas memasukkan Wayne Rooney di awal-awal ke babak kedua dan menarik keluar Wilson. Pergantian ini juga tidak memberikan perubahan signifikan.

Sebaliknya, Boro --julukan Middlesbrough-- malah membuat beberapa peluang bagus di babak kedua. Namun, berulang kali tendangan yang mereka arahkan ke gawang United bisa dihalau oleh kiper United, Sergio Romero.

Romero setidaknya membuat enam penyelamatan sepanjang pertandingan ini. Namun, ia sempat membuat blunder ketika salah mengantisipasi backpass dari Daley Blind. Kiper asal Argentina itu gagal menerima operan Blind dengan baik dan nyaris membiarkan bola masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Tuan rumah sempat membuat beberapa attempts on target di babak kedua. Namun, tendangan yang dilepaskan oleh Rooney dan rekan-rekannya seringkali mengarah tepat ke arah kiper Boro, Tomas Mejias.

Melihat serangan timnya tetap tumpul, Van Gaal pun memasukkan Anthony Martial dan menarik Memphis. Martial beberapa kali sukses menerobos ke dalam kotak penalti, tetapi tidak ada satu pun peluang yang dikreasikannya terselesaikan dengan baik.

Menjelang babak kedua berakhir, justru Boro yang berulang kali mengancam United. Beruntung bagi United, beberapa attempt jarak dekat yang dihasilkan Boro diblok oleh Romero.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Tidak ada perubahan berarti di babak pertama perpanjangan waktu. Skor tetap 0-0.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, United memperoleh setidaknya dua peluang emas. Salah satunya lewat sundulan Martial tepat di depan gawang Boro. Namun, Martial sedang sial. Sundulannya, yang dilakukan sembari menyelam, malah melenceng di sisi gawang.

Tidak lama setelahnya, United kembali mendapatkan peluang. Kali ini, umpan silang dari sisi kanan disambut dengan sundulan oleh Marouane Fellaini. Tetapi, sundulan gelandang asal Belgia itu masih melambung.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Penendang pertama Boro, Grant Leadbitter, melaksanakan tugas dengan baik setelah tendangannya ke pojok atas tidak bisa dihalau Romero. Sementara tendangan Rooney malah ditepis oleh Mejias.

Penendang kedua Boro, David Nugent, juga gagal. Tendangannya melambung. Sedangkan penendang kedua United, Andreas Pereira, berhasil. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1.

Boro kemudian unggul lagi setelah tendangan Stewart Downing masuk, kendati Romero sudah membaca arah dengan benar. Boro unggul 2-1 dan keunggulan tersebut terjaga setelah sepakan Michael Carrick melambung.

Tim tamu memperbesar keunggulan menjadi 3-1 setelah tendangan Ben Gibson melesak ke sudut atas. Boro pun sukses melaju dan membuat United tersingkir setelah tendangan Ashley Young ditepis oleh Mejias.

Adu Penalti

Middlesbrough

Grant Leadbitter - masuk
David Nugent - gagal
Stewart Downing - masuk
Ben Gibson - masuk

Manchester United

Wayne Rooney - gagal
Andreas Pereira - masuk
Michael Carrick - gagal
Ashley Young - gagal

Susunan Pemain

Manchester United: Romero, Darmian, Smalling, Blind, Rojo (Young 61), Carrick, Fellaini, Pereira, Lingard, Wilson (Rooney 45), Memphis (Martial 71). 

Middlesbrough: Mejias, Kalas, Ayala, Gibson, Friend, Leadbitter, Stephens (Clayton 113), Nsue, Downing, De Pena (Zuculini 79), Kike (Nugent 84).


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT