Kuburan Kuno Berumur 3.500 Tahun Ditemukan di Yunani

Kuburan Kuno Berumur 3.500 Tahun Ditemukan di Yunani

Metroterkini.com - Yunani dikenal wisatawan dunia sebagai destinasi wisata sejarah peradaban kuno. Tapi negeri ini belum berhenti mengejutkan traveler, misalnya dengan penemuan kuburan kuno berumur 3.500 tahun.

Dilansir detikTravel dari AFP, Rabu (28/10/2015) kuburan kuno berumur 3.500 tahun itu ditemukan oleh arkeolog AS bersama dengan sejumlah harta karun, seperti diumumkan Kementerian Kebudayaan Yunani Senin kemarin (26/10). Kuburan yang berada di kedalaman 2,4 meter dan memiliki lebar 1,5 meter tersebut ditemukan saat penggalian dimulai pada bulan Mei di dekat Pylos.

Diketahui kalau sebuah peti kayu dari seorang prajurit tanpa identitas yang mungkin saja merupakan tokoh penting dulu, ditemukan di situs Istana Nestor yang berjaya pada era Mycenaea di Semenanjung Peloponnese.

Di dalam peti yang sama juga ditemukan sebuah perhiasan emas, termasuk benang mutiara, cincin yang memiliki tanda, pedang perunggu dengan gagang gading dan emas, serta vas perak dan sisir gading. Harta yang tidak ternilai.

Perhiasan itu pun memiliki dekorasi dengan gaya Minoan, peradaban kunno yang ada di Pulau Crete pada 2000 tahun Sebelum Masehi. Hal itu tampak dari figur dewa-dewi, binatang dan motif dengan pola bunga yang menjadi ciri khas peradaban Minoan.

Menurut arkeolog Jack L Davis dan Sharon R Stocker dari Universitas Cincinnati, mereka telah meneliti lebh dari 1.400 barang yang memiliki pengaruh peradaban Minoan. Sejarahnya peradaban Minoan ada lebih dulu ketimbang Mycenaea.

"Harta karun yang ditemukan tersebut merupakan yang paling penting selama 65 tahun di Yunani," demikian pernyataan dari Kementerian Kebudayaan Yunani.

Pihak arkeolog yang didukung oleh Kementerian Kebudayaan Yunani pun masih terus melakukan penyelidikan terhadap penemuan tersebut. Bukan tidak mungkin jika penemuannya akan dapat dilihat oleh traveler nantinya.

Berita Lainnya

Index