Motor Berpenggerak Gardan, Untung Atau Rugi?

Selasa, 27 Oktober 2015 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Jika kita perhatikan, motor-motor yang dibuat beberapa puluh tahun yang lalu, tidak memakai rantai sebagai penggerak roda belakang. Yang ada, hanyalah lengan ayun berukuran besar berisi penggerak gardan.

Dilansir dari Viva, Selasa 27 Oktober 2015, sistem penggerak gardan yang digunakan pada motor cara kerjanya sama seperti yang terdapat pada mobil. Batang besi dengan gir di kedua ujungnya, berfungsi menghubungkan transmisi dengan roda belakang.
Saat ini, hanya ada beberapa produsen motor yang masih memakai sistem ini, salah satunya adalah BMW Motorrad.

Menurut hasil penelitian maupun uji coba yang dilakukan selama ini, penggerak gardan kurang efisien ketimbang rantai, atau sabuk. Hal ini disebabkan, ada tenaga yang hilang akibat digunakan untuk memutar batang besi.

Meski demikian, penggerak gardan juga memiliki keunggulan. Salah satunya adalah berkaitan dengan suara yang dihasilkan. Karena penggerak ini berada di sebuah wadah yang tertutup, maka tingkat kebisingan yang dihasilkan lebih kecil dibanding rantai.
Keunggulan lainnya adalah sistem ini tidak memerlukan perawatan yang intensif. Wadah gardan berisi oli yang bertugas melumasi gir, dan hanya perlu diganti tiap beberapa ratus ribu kilometer saja.

Selain itu, pengendara juga tidak perlu khawatir akan debu dan kotoran yang bisa menimbulkan selip pada sabuk, atau rantai yang putus maupun longgar.

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT