Desa Dengan Nama Cuma Satu Huruf di Eropa

Selasa, 27 Oktober 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Ada banyak nama desa yang unik-unik di dunia, tapi yang paling unik sepertinya ada di Norwegia, Eropa. Inilah A, desa yang namanya cuma satu huruf sekaligus menjadi tempat yang namanya paling pendek di dunia.

Sebenarnya huruf A di desa tersebut memiliki lingkaran kecil di atasnya (Å) dan diucapkan 'aww'. Dalam bahasa Skandinavia, artinya adalah sungai kecil. Namun, namanya sudah populer disebut A saja.

Dilansir Detik dari berbagai sumber, Selasa (27/10/2015) Desa A berada di kota Moskenes, Nordland. Desa A berada di utara Kota Oslo, ibukota Norwegia yang bisa ditempuh mobil ke Bodo lalu lanjut naik kapal laut.

Sebenarnya, ada setidaknya tujuh desa di Norwegia yang memiliki nama A. Tapi, khusus Desa A di kota Moskenes sudah menjadi destinasi wisata dan dikunjungi turis.

Desa A dihuni ratusan orang dan mayoritas merupakan para nelayan. Mereka tinggal di rumah yang berbentuk kabin di tepian pantai, atau semacam rumah panggung.

Situs Visit Norway menulis, Desa A dinobatkan adalah tempat memancing terbaik di Eropa. Lautan dan sungai di sana sangat kaya dengan ikan dengan ukuran yang besar-besar, seperti ikan kerapu atau salmon yang panjangnya bisa satu meter lebih. Hingga kini, rekor ikan terberat yang pernah dipancing di sana adalah ikan (mungkin ikan kerapu) seberat 216 kg!

Paket memancing pun menjadi satu-satunya paket wisata di Desa A. Dengan kocek mulai dari 380 Norwegian Krone atau setara Rp 621 ribu, turis bisa ikut tur memancing seharian naik boat ke tengah laut. Siap-siap memancing ikan-ikan 'raksasa'!

Selain memancing, kegiatan wisata lainnya yang dapat turis lakukan di sana seperti mengunjungi Lofoten Stockfish Museum yang mengoleksi aneka ikan kering dengan ukuran beragam dan aneh-aneh, main-main ke desa nelayan atau trekking ke bukit-bukit. Keramahan penduduk setempat, makin bikin liburan di Desa A tambah menyenangkan.

Beberapa penginapan bertipe guest house tersedia di Desa A dengan harga mulai 180 Norwegian Krone atau setara Rp 294 ribu. Selamat datang dan memancing di Desa A, desa yang namanya cuma satu huruf di Eropa.[dtk]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT