Kura-Kura Langka Ditemukan di Galapagos

Jumat, 23 Oktober 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com – Sejumlah ilmuwan menyatakan telah menemukan spesies kura-kura baru berukuran raksasa di Kepulauan Galapagos, Samudera Pasifik.

Dilansir Okezone,Terungkapnya spesies baru ini ialah berkat data genetika yang dipakai para ilmuwan guna meneliti sekitar 250 kura-kura di Pulau Santa Cruz, Kepulauan Galapagos.

Padahal, seperti disebutkan Kementerian Lingkungan Ekuador, sejak lama para ilmuwan meyakini bahwa dua populasi kura-kura di Pulau Santa Cruz merupakan spesies yang sama.

Tim peneliti pimpinan pakar biologi dari Universitas Yale, Amerika Serikat, Gisella Caccione, mengatakan spesies kura-kura yang diberi nama Chelonoidis donfaustoi memiliki tempurung yang lebih padat ketimbang spesies lainnya.

Spesies baru itu menambah jumlah spesies kura-kura di Kepulauan Galapagos menjadi 15, empat di antaranya telah punah. Umumnya hewan tersebut berbobot 250 kilogram dan hidup lebih dari 100 tahun.

Para ilmuwan dan aktivis lingkungan hidup berharap penemuan spesies baru itu akan membantu melindungi dan melestarikan kura-kura. Apalagi spesies Chelonoidis donfaustoi hanya berjumlah sekitar 250 ekor.[oze]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT