Batu Kunzite Berwarna Pink Sumber Industri Lithium

Rabu, 21 Oktober 2015 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Batu Kunzite pertama kali ditemukan di Amerika Serikat. Namun saat ini Batu Kunzite banyak ditemukan di negara Afghanistan dan Pakistan. Batu Kunzite berkaitan erat dengan Hiddenite, batu berwarna kuning-hijau dari keluarga Spodumene yang juga ditemukan dan dinamai oleh mineralogi Amerika, W. E. Hidden.

Batu Kunzite sering ditemukan dalam ukuran besar. Bahkan, tidak jarang ditemukan batu berkualitas terbaik seberat 20 karat atau lebih. Batu Kunzite serta seluruh kelompok Spodumene adalah sumber penting untuk industri Lithium, yang digunakan untuk pembuatan obat-obatan, keramik, ponsel dan baterai otomotif.

Batu Kunzite adalah permata berwarna merah muda pucat yang pertama kali ditemukan di Connecticut, Amerika Serikat, dan diberi nama oleh George Frederick Kunz (1856 – 1932), seorang mineralog dan mantan wakil presiden Amerika. Kunz adalah spesialis perhiasan legendaris dan spesialis batu berwarna dari New York, dan dia adalah orang pertama yang secara komprehensif mengenalkan batu Kunzite pada tahun 1902.

Batu Kunzite memiliki transparansi yang sangat baik. Meskipun sebagian besar batu terlihat sangat jernih, beberapa batu juga bisa memiliki inklusi seperti pipa atau retakan-retakan. Batu yang jernih ketika dilihat oleh mata adalah yang paling diinginkan, tetapi, permintaannya tidak terlalu tinggi seperti permata jenis lainnya. Batu Kunzite menunjukkan kemilau seperti kaca ketika dipoles dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Batu Kunzite umumnya dipotong facet dengan potongan model Emerald Cut (berbentuk persegi atau octagon). Batu ini juga sering ditemukan dengan bentuk potongan Portuguese-Cut, karena bisa meningkatkan kecemerlangannya.

Guna menjaga kualitas batu tersebut, kebanyakan batu Kunzite biasanya tidak melalui proses treatment. Namun, beberapa batu yang berwarna kecoklatan dan hijau-ungu mungkin akan dipanaskan (Heated) pada suhu sampai sekitar 300°F (150°C) untuk meningkatkan warnanya. Treatment Irradiated (batu melalui proses radiasi untuk memperbaiki, memperkuat, atau mengubah warnanya) adalah cara lain yang digunakan untuk meningkatkan warnanya, tapi cara ini tidak biasa dilakukan seperti treatment pemanasan.

Batu Kunzite sangat sangat populer sebagai batu permata perhiasan berwarna Pink. Pink Spinel dan Pink Sapphire kadang-kadang bisa keliru dengan Kunzite, tapi Kunzite jauh lebih lunak dan tersedia dalam ukuran yang jauh lebih besar. Kebanyakan Pink Spinel dan Pink Sapphire hanya tersedia dalam berat kurang dari 1 karat, tapi Kunzite jarang terlihat dalam ukuran kecil kurang dari beberapa karat. [psb]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT