158 Pasutri di Mandau Ikut Sidang Itsbat

Rabu, 21 Oktober 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sebanyak 506 pasangan suami istri di Kecamatan Mandau mengikuti sidang Itsbat yang digelar di di Gedung Bathin Bertuah, Kantor Camat Mandau, Rabu (21/10/2015).

Pembukaan pelayanan akta kawin/nikah melalui sidang itsbat terpadu Kabupaten Bengkalis ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Burhanuddin.

Hadir dalam prosesi sidang Itsbat itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Riau, Kementrian Agama Provensi Riau, Kepala Dinas dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Kementrian Agama Kabupaten Bengkalis dan Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Mandau.

Burhanuddin dalam kata sambutannya sangat menyambut baik kegiatan ini, karena program itsbat nikah terpadu ini menjadi salah satu landasan untuk membangun keluarga sakinah mawaddah warohmah.

"Itsbat nikah sangat penting dalam mewujudkan kepastian hukum guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status pribadi dan status keluarga, untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan.” Ungkap Burhanuddin.

Sementara itu, tujuan dari program kegiatan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun demikian, pelaksanaan sidang itsbat terpadu tidak termasuk pasangan yang diindikasi nikah siri poligami.

"Kedepan, kami berharap Camat, Kepala Kua, Kepala Desa/Lurah segera mendata ulang masyarakat yang tidak mempunyai buku nikah, agar dapat dilaksanakan itsbat nikah," kata Burhanuddin.

Dalam tahun ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis bekerja sama dengan pengadilan agama dan Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis menargetkan nikah itsbat untuk 506 pasangan, semasuk 158 pasangan atau 31,23 persen di Kecamatan Mandau yang dilakukan itsbat Rabu siang.

Sementara itu, kepada pasangan yang telah mengikuti sidang itsbat, H, Burhanuddin berharap dapat menjadi pioner dalam mensosialisasikan pelaksanaan sidang itsbat kepada pasangan suami isteri yang saat ini belum memiliki buku nikah. [**rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT