Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Cuci Muka

Rabu, 21 Oktober 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Salah satu jenis perawatan yang tidak boleh terlewat untuk mendapat wajah bersih dan bebas dari jerawat adalah mencuci muka. Langkah ini penting untuk membantu menghilangkan minyak dan debu pada wajah.

Namun, terkadang orang melupakan hal-hal penting yang harusnya dilakukan saat mencuci muka. Berikut hal yang perlu dilakukan untuk membantu Anda mendapatkan kulit bersih, lembut, dan terawat seperti dilansir dari situs Boldsky pada Selasa (20/10/15).

1. Cuci tangan terlebih dulu
Mencuci tangan sebelum mencuci muka akan membersihkan kuman dan kotoran di tangan. Ini akan mencegahnya menempel pada wajah. Sebab, kuman dan kotoran pada tangan juga berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah.

2. Gunakan air temperatur hangat
Air hangat akan membuka pori-pori sehingga memudahkan mengeluarkan debu dan kotoran yang terperangkap di wajah. Namun, air jangan sampai terlalu panas karena dapat merusak pembuluh darah pada wajah. Namun jika Anda butuh untuk mengecilkan pori-pori, air dingin dapat digunakan pada bilasan terakhir.

3. Cuci wajah 2 kali sehari
Untuk mencegah jerawat dan menghilangkan sel-sel kulit mati, cucilah wajah dua kali sehari. Ini akan mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

4. Bersihkan make up terlebih dulu
Mencuci muka tidak dapat menghilangkan makeup dengan sempurna. Sebaiknya Anda menghapusnya dengan make up remover.

5. Cuci muka setelah keramas
Setelah mencuci rambut alias keramas, sisa-sisa produk perawatan rambut akan menempel pada wajah dan dapat memicu timbulnya jerawat. Maka jangan sekali-kali melupakan mencuci muka setelah keramas.

6. Scrub dengan lembut
Menghilangkan sisa sel kulit mati dengan cara menggosok dengan sabun berbutiran kecil yang kasar bukanlah cara yang salah. Namun, terlalu kasar atau terlalu sering scrub saat mencuci muka juga tidak disarankan. Sebaliknya, Anda disarankan menggosok wajah dengan jangka waktu satu minggu sekali.

7. Gunakan pelembab setelahnya
Pelembab lebih efektif digunakan pada wajah yang masih lembab setelah mencuci muka. [**lp]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT