Gempa 5,4 SR Guncang Occidental Mindoro Filipina

Selasa, 20 Oktober 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter (SR) mengguncang timur Kota Looc di Occidental Mindoro, Filipina. Lindu dilaporkan terjadi pada Senin 19 Oktober 2015 malam.

"Gempa terjadi pada pukul 21.50," kata Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) seperti dikutip dari liputan6, Selasa (20/10/15).

Badan tersebut menyebutkan, sejauh ini belum ada kerusakan akibat gempa, tapi warga diimbau akan kemungkinan gempa bumi susulan.

Netizens mencatat gempa itu juga dirasakan di Tagaytay, Orani di Bataan, dan Manila.

Menurut Phivolcs, getaran lindu 5 SR itu juga terasa berguncang lebih kuat di Batangas. Getaran kuat ini dapat menyebabkan benda menggantung berayun keras.

Sementara getaran 4 SR dilaporkan terasa di Tagaytay City: Puerto Gallera, Oriental Mindoro dan kota-kota di Metro Manila: Mandaluyong, Makati, Pasay, Parañaque, dan Muntinlupa 

Sedangkan guncangan 3 SR dirasakan kuat di Clark, Pampanga; General Trias; Malolos, Bulacan; Bacoor, Cavite; Obando; Agoncillo, Batangas; Talisay, Batangas; dan kota-kota di Metro Manila:  Taguig dan Quezon.

Gempa itu sedikit terasa di Pateros; Manila; Antipolo City; dan Lucban.

Analisa awal Phivolcs, gempa diduga kuat terkait dengan kegiatan di Palung Manila.

"Kami pikir itu terkait dengan Palung Manila, subduksi lempengan Palung Manila," ucap kepala Divisi pengamatan Seismologi dan Prediksi Gempa Phivolcs, Ismail Narag.

Narag menambahkan bahwa gempa susulan kecil mungkin dirasakan hanya di Lubang Island, di mana aktivitas gempa merupakan hal lumrah.[lp6]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT