Final Piala Presiden: Siapa Kuat, Vujovic atau Maiga?

Ahad, 18 Oktober 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kemenangan suatu kesebelasan dalam sebuah pertandingan tak selalu ditentukan oleh kehebatan dalam menyerang. Kemampuan menggalang pertahanan yang solid pun sangat dibutuhkan agar permainan menjadi seimbang.

Duel Persib Bandung dan Sriwijaya FC (SFC) di laga final Piala Presiden 2015, Minggu (18/10/15), akan menjadi arena unjuk kebolehan antara dua center back tangguh milik kedua tim dalam menjaga tembok pertahananan timnya.

Vladimir Vujovic dan Abdoulaye Maiga adalah dua nama penghuni starting line-up Persib dan Sriwijaya FC yang memberi jaminan solidnya garis pertahanan masing-masing tim yang dibelanya.

Tanpa bermaksud mengecilkan peran pemain yang lain, peran kedua pemain impor ini memang sangat sentral dalam membawa timnya menembus babak final. Berikut merupakan statistik kedua pemain sepanjang turnamen Piala Presiden 2015.

Vlado, sapaan akrab Vujovic, dan Maiga masing-masing telah bermain di 6 pertandingan sepanjang gelaran turnamen. Maiga selalu tampil dalam setiap pertandingan yang dijalani SFC, sementara Vlado melewatkan 1 pertandingan akibat akumulasi kartu kuning, yaitu saat Persib kalah melawan tuan rumah Mitra Kukar pada pertandingan leg pertama babak semifinal.

Maiga sejauh ini tercatat telah melakukan tekel sukses sebanyak 7 kali dengan akurasi tekel 70%, 11 blok, 18 intersepsi, dan 43 sapuan, sedangkan Vlado mengumpulkan 4 tekel sukses dengan akurasi 40%, 3 blok, 21 intersepsi, dan 25 sapuan. Kedua bek berpostur jangkung ini juga memiliki persentase memenangi duel udara yang cukup baik dengan Maiga mencapai 81% dan Vlado 80%.

Tangguh dalam bertahan, kedua pemain ini juga turut membantu timnya dalam menyerang. Vlado sepanjang turnamen telah mengemas 1 gol, yang dicetaknya dalam pertandingan di babak 8 besar melawan Borneo FC.

Pemain dengan tinggi 190cm ini memang kerap mengancam gawang lawan, terutama melalui skema penyerangan memanfaatkan situasi bola mati. Bek asal Montenegro ini juga memiliki persentase umpan sukses yang bagus di angka 80%, dari 244 total umpan yang dilepaskannya. Kemampuan passing yang dimiliki Vlado tentu sangat membantu Persib dalam membangun serangan.

Jika Vlado unggul dalam urusan mencetak gol, Maiga unggul dalam hal melakukan assist dengan torehan 1 assist. Assist tersebut terjadi pada gol kedua Sriwijaya FC melawan Persela yang dicetak oleh Wildansyah. Dalam urusan ketepatan melepaskan umpan pun Maiga tak kalah baik dengan Vlado. Bek yang pernah membela timnas Mali ini memiliki akurasi umpan sebesar 81% dari total 162 umpan yang dilakukannya.

Dengan statistik baik yang dimiliki keduanya, maka tak heran jika penampilan kedua pemain ini akan turut menentukan hasil akhir pertandingan. Penampilan yang solid dari Vladimir Vujovic dan Abdoulaye Maiga sangat diharapkan oleh suporter masing-masing kesebelasan. Pertarungan di partai final merupakan ajang yang tepat untuk melihat siapa yang lebih unggul di antara keduanya.[bola]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT