Inilah Ciri-Ciri Batu Kyanite Australia

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Batu Kyanite di masyarakat penggemar batu permata di Indonesia dikenal sebagai Blue Sapphire Australia. Nama Kyanite berasal dari bahasa Yunani “Kuanos” atau “Kyanos”, yang artinya “Biru Tua”, mengacu pada warna birunya yang khas. Kyanite adalah batu permata aluminum silicate yang kadang-kadang disebut sebagai Disthene, Rhaeticite, atau Cyanite.

Entah siapa yang memulainya memberi nama sesat tersebut, padahal batu Safir (Sapphire) dan Kyanite adalah dua mineral yang berbeda. Batu Kyanite adalah polimorf dari Andalusite dan Sillimanite. Batu permata polimorf memiliki komposisi kimia yang mirip, tetapi memiliki struktur kristal yang berbeda. Bentuk kristal batu Kyanite adalah Triclinic, sedangkan Andalusite dan Sillimanite kristalnya Orthorhombic.

Batu Kyanite bisa dengan mudah diidentifikasi melalui nilai kekerasannya yang berbeda-beda (karena memiliki sifat Anisotropic). Banyak bahan lain yang memiliki kekerasan yang berbeda tapi pada kristal yang berbeda pula, sedangkan kekerasan batu Kyanite yang bervariasi bisa ditemukan pada kristal yang sama.

Varian warna batu Kyanite jga bermacam-macam, ada yang berwarna putih bening, abu-abu, hijau, oranye, atau kuning. Warnanya biasanya tidak konsisten di seluruh tubuhnya, ada zonasi warna gelap dan terang, bersama dengan garis-garis atau bercak-bercak putih.

Ciri-Ciri Batu Kyanite yang paling khas bisa dilihat dari sifat Anisotropic yang dimiliki batu tersebut (memiliki nilai sifat fisik yang berbeda ketika diukur dari arah lain) yang kuat. Kebanyakan batu permata memiliki sifat ini sampai batas tertentu, tetapi batu Kyanite adalah batu permata Anisotropic yang paling terkenal. Batu permata Anisotropic memiliki sifat yang bervariasi, tergantung pada arah kristalografi mereka. Ketika batu Kyanite dipotong sejajar dengan sumbu panjang, kekerasannya bisa berkisar antara 4 sampai 4,5 skala Mohs, tetapi ketika dipotong tegak lurus, kekerasan bisa mencapai 6 sampai 7 skala Mohs. [psb]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT