Ini USB Flashdisk yang Mematikan

Kamis, 15 Oktober 2015 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com – USB flashdisk ini dapat membunuh segala sesuatu dari laptop hingga TV. Para peretas Rusia telah menciptakan USB flashdisk yang dapat langsung membakar setiap mesin yang terhubung ke alat ini.

USB flasdisk ini mampu mengirimkan tegangan listrik 220 volt melalui line sinyal dari antarmuka USB, merender apa saja sehingga laptop atau perangkat apapun menjadi mati total.

Peneliti keamanan Rusia tersebut yang dikenal sebagai “Dark Purple” yang menciptakan flashdisk ini bahkan telah memposting video dari aksinya, “membunuh” laptop-nya saat digunakan.

Dalam demo itu, USB drive langsung bekerja, menyebabkan laptop seketika mati, dan menurutnya, sirkuitnya langsung diserang.

Para peneliti mengklaim bahwa laptop ini akan “hidup” bila motherboard-nya diganti dengan yang baru. Namun pakar itu menyebut sangat tidak mungkin hard disk-nya rusak, dan masih mungkin untuk mengakses data yang tersimpan di dalamnya.

“USB Killer v2.0 ini menjadi alasan bagus untuk Anda agar tidak sembarangan menghubungkan flashdisk asing ke komputer Anda,” tulis pakar keamanan komputer Graham Cluely di situs pribadinya.

“Perangkat ini mampu melumpuhkan hampir semua peralatan yang dilengkapi dengan antarmuka USB," katanya seperti dikutip Okezone, 14 Oktober.

USB Killer v2.0 ini adalah perangkat generasi kedua dari “killer thumbdrive” yang dibuat para peneliti, meskipun yang pertama lebih rendah kekuatannya, hanya 110v.[oze]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT