Ini 4 Cara Tingkatkan Sistem Imun Tubuh Jelang Musim Hujan

Sabtu, 10 Oktober 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Memasuki pergantian musim hujan, biasanya sistem kekebalan tubuh manusia akan mudah berkurang akibat berbagai kondisi seperti perubahan suhu. Nah, pada saat itu pula tubuh rentan terkena bakteri, kuman dan virus yang menyebabkan penyakit.

Sistem kekebalan tubuh kita merupakan keseimbangan hubungan antar sel dan organ yang bekerja sama untuk melindungi kita dari penyakit. Sel-sel pertahanan tersebut ditemukan pada bagian tubuh seperti amandel, limfa, kelenjar getah bening dan sumsum tulang.

Sistem kekebalan tubuh kita bekerja untuk membuat antibodi yang melacak dan menghancurkan”zat asing” penyebab penyakit. Jika sistem imun kita tidak bekerja dengan baik, maka tubuh tidak memiliki perlawanan dan kita bisa sakit.

Dr. Manny Alvarez, editor senior di FoxNewsHealth berbagi 4 cara tingkatkan sistem imun tubuh demi menghadapi datangnya musim hujan. Apa sajakah cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh tersebut?

1. Olahraga
Beberapa studi mengatakan olahraga secara teratur setiap harinya bisa meningkatkan jumlah sel yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi. Olahraga dapat menjadi solusi meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk menghadapi musim penghujan.

2. Mengurangi berat badan
Kelebihan berat badan meningkatkan risiko berkembangnya penyakit-penyakit tertentu karena kelebihan sel lemak bisa menyebabkan inflamasi. Nah, dengan mengurangi berat badan, harapannya dapat menjadi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Makan dengan benar
Mengonsumsi terlalu banyak gula atau lemak jenuh menekan sel-sel sistem kekebalan tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan bakteri.

4. Istirahat yang cukup
Tidak mendapat tidur yang cukup menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Sebaiknya tidur selama tujuh jam setiap malamnya. Tidur dan istirahat yang cukup sangat baik sebagai cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.[tabloidnova]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT