Tips Hindari Serangan Asap Kebakaran Hutan

Kamis, 08 Oktober 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kasus kebakaran hutan masih membayangi Indonesia. Diperkirakan hingga November mendatang, asap masih mengancam kesehatan penduduk, khususnya di Sumatera dan Kalimantan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan, asap kebakaran hutan sangat membahayakan mata, jantung dan paru-paru. Sebab asap ini terdiri dari campuran gas dan partikel halus dari pohon dan tanaman lain.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Periksa kualitas udara lokal

Perhatikan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di lingkungan Anda. Dalam tabel biasanya ada skala pencemaran udara.

Untuk tingkat 0-50 masuk kategori kualitas udara baik, 51-100 sedang, 101-199 tidak sehat, 200-299 sangat tidak sehat dan 200-500 sangat berbahaya. Mengutip situs Badan Lingkungan Hidup blh.pekanbaru.go.id, hingga kini, kategori asap di Pekanbaru masih berbahaya.

2. Menjaga udara dalam ruangan sebersih mungkin dan disarankan untuk tinggal di dalam rumah

Tutup segala akses udara yang bisa masuk ke dalam rumah, seperti melalui jendela dan pintu. Nyalakan AC agar udara tetap ada. Lebih baik lagi bila AC yang memiliki filtrasi udara.

Jika Anda tidak memiliki AC dan terlalu pengap untuk tinggal di dalam rumah dengan jendela tertutup, carilah perlindungan di pusat evakuasi yang ditunjuk atau jauh dari daerah yang terkena.

3. Hindari kegiatan yang membuat polusi dalam ruangan

Hindari aktivitas seperti membakar lilin, memasak atau menyalakan kompor gas serta merokok karena dapat meningkatkan polusi dalam ruangan.

4. Ikuti saran dari dokter atau penyedia layanan kesehatan

Segera memeriksakan diri bila Anda memiliki gangguan jantung atau paru-paru, termasuk bila Anda memiliki asma. 

5. Jangan mengandalkan masker biasa

Untuk menghindari asap yang kuat, sebaiknya tidak menggunakan masker bedah biasa. Masker ini tidak akan melindungi paru-paru Anda dari partikel kecil asap kebakaran hutan.

Sebaiknya, gunakan masker N95. Meski agak mahal dan sekali pakai, masker ini dapat memberikan perlindungan.  [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT