Daftar Ikut Pilkades Gratis Biaya Pendaftaran

Kamis, 08 Oktober 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kampar segera lakukan Pemilihan Kepala Desa serentak untuk 105 Desa se-Kabupaten Kampar pada tanggal 5 November 2015, Pemilihan Kepala Desa ini adalah moment yang ditunggu-tunggu masyarakat Kampar dan Pemerintah Daerah untuk dapat mengisi kekosongan posisi Kepala Desa sekaligus dalam rangka implementasi Undang-Undang Desa.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs. H.Basrun, M.Pd belum lama ini.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa maka pemilihan kepala desa akan diserahkan kepada Panitia pemilihan Kepala Desa, panitia ini nanti akan mempunyai tugas mengadakan penjaringan dan penyaringan bakal calon.

" Dibuka Untuk umum siapa saja boleh menjadi calon kepala desa, yang terpenting tidak ada pungutan apapun karena panitia sudah di biayai oleh APBD Kampar"

Masih menurut Basrun bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Pasal 21, seorang calon kepala desa boleh berijazah SMP.

"Calon Kepala Desa wajib memenuhi persyaratan, antara lain minimal tamat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat," katanya.

Selain itu, biaya untuk panitia berpariasi mulai dari Rp 25 juta , tergantung jumlah pemilih di masing-masing desa. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT