Empat Instansi Teken MoU tentang Netralitas Pilkada

Ahad, 04 Oktober 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com -  Menteri PAN-RB Yuddy Crisnandi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua Badan Pengawas Pemilu Muhammad, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, Sofian Effendi, dan Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau  Nota Kesepahaman tentang netralitas dalam Pemilu Pilkada serentak 2015.

Penandatangani MoU tersebut di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB),  Jumat (2/10/15).

Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie menyambut baik penandatanganan MoU tersebut agar ASN di Kabupaten Bengkalis keluar dari tekanan politik dan sekaligus menegaskan agar ASN netral dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2015.

"MoU itu merupakan bentuk ketegasan pemerintah untuk menindak tegas ASN yang bermain politik dalam Pemilu, termasuk Pilkada serentak 2015. Karena itu jangan sampai terseret, harus tetap netral. Langsung atau
tidak langsung jangan mendukung salah satu pasangan calon," ujar Ahmad Syah.

Hal itu disampaikan Ahmad Syah usai menerima piagam penghargaan dari Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jalan Senen Raya 1, Sawah Besar, Jakarta, Jum’at siang kemarin.

Ahmad Syah menambahkan, sebagai pelayan publik, seluruh ASN di Pemkab Bengkalis harus mampu mempertahankan posisi dan fitrahnya sebagai aparatur yang netral untuk menjaga martabat di mata publik.

"Dalam setiap pesta demokrasi, termasuk Pilkada serentak 2015 ini seluruh ASN di Pemkab Bengkalis harus tetap berlayar dengan perahunya sendiri, yaitu perahu yang netral. Tidak mengikuti atau terseret dengan perahu politik salah satu pasangan calon," jelasnya.

Ahmad Syah menyambut baik dan akan mendukung sepenuhnya MoU tersebut dan seluruh ASN di daerah ini juga harus senang dengan adanya nota kesepahaman ini. Karena MoU ini mengurangi adanya tekanan dari pihak-pihak tertentu yang ingin menyeret ASN agar netral dalam Pilkada serentak 2015.

Ia juga mengingatkan seluruh ASN di daerah ini agar benar-benar bekerja profesional, netral serta mampu melayani seluruh kepentingan publik tanpa membedakan latar belakang politiknya.

"Netralitas menjadi mutlak dan harus dilaksanakan seluruh ASN di Pemkab Bengkalis dalam rangka pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2015," tegas Ahmad Syah sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis Johansyah Syafri kepada wartawan, kemarin (3/10/15). [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT