Penderita Kabut Asap di Riau Capai 54.135 Orang

Ahad, 04 Oktober 2015 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Memburuknya kondisi pencemaran udara akibat kabut asap hasil Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), membuat korban penyakit meningkat tajam di Riau. Terutama penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) 

Berdasakan data dari Dinas Kesehatan menyebutkan, sebanyak 54.135 warga Riau menderita penyakit akibat paparan asap. 

Penyakit paling banyak adalah ISPA dengan jumlah sebanyak 44.960 orang. Kemudian iritasi mata 2.753, Asma 2.064,Pnemumonia 769 dan panyakit lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Andra Sjafril menyatakan bahwa jumlah penderita karena paparan asap menyebar di 12 kabupaten dan kota di Riau. Terbanyak adalah di Kota Pekanbaru.

"Untuk lebih menekan angka penderita ISPA, kita siapkan puskesmas keliling. Kemudian ada juga posko penanggulangan panyakit akibat asap. Kita berharap tidak hanya pemerintah, pihak perusahaan juga harus berpartisipasi melakukan penanganan penyakit ISPA," ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat tetap melindungi diri dengan menggunakan masker saat beraktifitas. "Banyak-banyak minum air putih dan pakai masker selama beraktifitas, terutama jika keluar rumah," tandasnya. [**hr]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT