Pj Bupati Bengkalis Ikut Rakernas AKPP di Jakarta

Pj Bupati Bengkalis Ikut Rakernas AKPP di Jakarta

Metroterkini.com – Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie bersama 150 bupati dan 50 walikota se-Indonesia akan mengikuti Rapat Kerjas Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2015 di Jakarta, Jumat (2/10/15) besok.

Dalam Rakernas itu juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada 150 bupati dan 50 walikota yang daerahnya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKDP) tahun anggaran 2014.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri menjelaskan, pelaksanaan kedua kegiatan itu akan dipusatkan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI), Jalan Senen Raya No. 1 Jakarta.

“Sesuai surat Menkeu RI No. UND-248/MK.05/2015 tertanggal 29 September 2015 itu, piagam penghargaan tersebut langsung akan diserahkan Menkeu Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Bupati Bengkalis termasuk salah satu dari 200 bupati/walikota yang akan menerima piagam penghargaan tersebut,” jelas Johan, Rabu (30/9/15).

Johan dan sejumlah staf terkait yang ditugaskan untuk mendampingi Pj Bupati bertolak ke Jakarta melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau, karena Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru lumpuh akibat kabut asap.

Sementara Pj Bupati Bengkalis bertolak ke Jakarta via Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat.

Untuk diketahui, pada tahun 2013 lalu LKPD Kabupaten Bengkalis meraih opini WTP modifikasi, yaitu WTP Dengan Paragraf Penjelasan, maka untuk tahun anggaran 2014, opini yang diraih benar-benar WTP, yaitu WTP tanpa ember-embel Paragraf Penjelasan.

Penghargaan opini WTP terhadap LKPD tahun anggaran 2014 ini, diserahkan langsung Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau, Widiyatmantoro kepada Bupati Bengkalis yang kala itu masih dijabat H Herliyan Saleh.

Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di Auditorium Kantor BPK RI Provinsi Riau Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (1/6/15) lalu.

hadir pada acara penyerahan opini WTP untuk LKPD tahun 2014 tersebut Wakil Ketua DPRD Indra Gunawan, Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Burhanudin, Inspekstur H Muklis, seluruh Kepala SKDP di lingkungan Pemkab Bengkalis dan camat se-Kabupaten Bengkalis.

Di bagian lain, Johan menjelaskan, di Provinsi Riau, selain Kabupaten Bengkalis, ada 5 daerah yang juga diundang mengikuti Rakernas dan akan menerima piagam penghargaan dari Menkeu di Jakarta. Yaitu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hulu dan Siak. [rdi]

Berita Lainnya

Index